alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jalani Rapid Test, 25 Senior HIPMI Jabar Negatif Corona

Agung Bakti Sarasa
Jalani Rapid Test, 25 Senior HIPMI Jabar Negatif Corona
Sebanyak 25 senior HIPMI Jabar menjalani RDT Corona dan dinyatakan negatif, Rabu (25/3/2020). Foto/Dok/HIPMI Jabar

BANDUNG - Sebanyak 25 senior Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Barat (Jabar) menjalani rapid diagnostic test (RDT). Berdasarkan hasil tes, ke-25 senior HIPMI Jabar tersebut dinyatakan negatif virus Corona atau COVID-19.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) HIPMI Jabar, Surya Batara Kartika mengatakan, RDT dilakukan untuk mengikuti anjuran Gubernur Jabar Ridwan Kamil terkait dugaan Musda XVI HIPMI Jabar di Karawang, 8-11 Maret 2020 sebagai salah satu hub penyebaran Corona di Provinsi Jabar.

"Maka pada hari ini, Rabu 25 Maret 2020 bertempat di salah satu kediaman senior HIPMI Jabar di kawasan Jalan LLRE Martadinata (Riau), Kota Bandung, HIPMI Jabar telah mengkoordinir tes massal tahap 1," ungkap Surya, Rabu (25/3/2020). (Baca juga; Cellica Positif Terjangkit Corona, Emil Imbau Peserta Musda HIPMI Tes Covid-19)



Surya menerangkan, alat RDT yang terbatas yakni 25 unit yang diberikan Pemprov Jabar untuk tahap pertama ini diprioritaskan bagi para senior HIPMI Jabar dengan pertimbangan mereka sebagai kelompok yang secara empirik terbukti lebih sensitif terhadap paparan virus Corona.

"Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, seluruh test tersebut menunjukkan hasil negatif COVID-19 bagi para senior HIPMI Jabar," tegasnya. (Baca juga; Bupati Cellica Sempat Sesak Napas saat Lantik 45 Kepala Desa)

Surya yang turut mendampingi para senior menjalani tes itu melanjutkan, dengan hasil test tahap pertama yang melegakan tersebut, pihaknya optimistis bahwa sebagian besar keluarga HIPMI Jabar yang hadir pada Musda HIPMI Jabar di Karawang, sehat dan sangat mungkin negatif Corona.

Rasa optimisme tersebut didukung pula dengan adanya hasil survei online yang telah diedarkan sejak 17 Maret 2020, berisikan self diagnose seluruh peserta Musda HIPMI Jabar di Karawang yang menyatakan hampir 80% merasa sehat tanpa gejala dan hanya sebagian kecil yang mengalami batuk flu ringan.

Menurut dia, hasil survei tersebut cukup valid mengingat per hari ini telah menyentuh 14 hari setelah musda. Sehingga, kata dia, dapat dianggap telah melewati masa observasi walaupun masih tetap diimbau untuk self isolating hingga dilakukannya RDT Corona.

"Selanjutnya, rapid test massal untuk peserta Musda Karawang yang berasal dari Badan Pengurus Cabang HIPMI se-Jabar akan terus dilakukan," imbuhnya. Adapun detail teknis terkait tes sedang disusun oleh pihak HIPMI Jabar.



(wib)

preload video