Polres Cimahi Kerahkan Water Canon Semprot Disinfektan di Pusat Kota

Senin, 23 Maret 2020 - 16:07 WIB
Polres Cimahi Kerahkan Water Canon Semprot Disinfektan di Pusat Kota
Mobil water cannon Polres Cimahi menyemprotkan cairan disinfektan di pusat perbelanjaan di Jalan Gandawijaya, Kota Cimahi, Senin (23/3/2020). Foto/Dok/Humas Polres Cimahi
A A A
CIMAHI - Polres Cimahi menggerahkan satu unit kendaraan water canon untuk menyemprot disinfektan di pusat perbelanjaan dan jalan-jalan protokol di Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (23/3/2020). Kegiatan penyemprotan disinfektan di pusat kota Cimahi ini dipimpin langsung Kapolres Cimahi AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki.

Aksi ini sebagai bentuk antisipasi dan untuk memutus rantai persebaran virus Corona (COVID-19). Kegiatan ini melanjutkan aksi sebelumnya, jajaran Polres Cimahi bersama unsur TNI, dan Satpol PP Kota Cimahi juga telah menggelar Operasi Aman Nusa II. Yakni berkonvoi keliling kota memberikan imbauan ke masyarakat terkait bahaya virus Corona.

"Hari ini kami melakukan penyemprotan cairan disinfektan dari Jalan Amir Machmud sampai Jalan Gandawijaya, Kota Cimahi. Tujuannya untuk meminimalisasi persebaran virus Corona," kata Kapolres kepada wartawan. (Baca juga; Cegah Corona, Pasukan Kimia Biologi Radioaktif Polda Jabar Dikerahkan Bebersih Masjid Agung )

Yoris mengatakan, aksi ini juga sesuai perintah dan maklumat Kapolri untuk menjaga keamanan serta memutus penyebaran COVID-19 di daerah. Dipilihnya jalan-jalan protokol dan pusat perbelanjaan, karena biasanya tempat-tempat tersebut menjadi salah satu lokasi yang banyak didatangi dan tempat berkumpulnya masyarakat.

Kapolres mengatakan, pihaknya akan terus berkala melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat keramaian. Rencananya untuk hari ini di wilayah Cimahi dan Selasa (24/3/2020) besok di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Selama melakukan kegiatan ini Polres Cimahi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan KBB, serta untuk cairan disinfektan kerja sama dengan PT Sanbe. "Terus akan berkala dilakukan untuk menghentikan persebaran wabah virus Corona. Termasuk di KBB, besok," sebut Yoris.

Kapolres menambahkan, hal penting dari maklumat Kapolri adalah untuk membubarkan kerumunan masyarakat. Serta tidak akan mengizinkan adanya kegiatan yang akan mengundang massa dalam jumlah banyak. (Baca juga; Cegah Penularan Corona, Berani Berkerumun Siap-siap Dibubarkan Polisi )

Oleh sebab itu pihaknya melalui anggota Polres dan Polsek mengimbau agar masyarakat tidak berkumpul di tempat-tempat umum karena pasti akan dibubarkan. "Untuk saat ini kalau ada kerumunan massa akan dibubarkan. Makanya kami imbau masyarakat sebaiknya stay di rumah jika tidak ada yang urgent, jaga kebersihan dan juga kesehatan, serta tidak bepergian ke luar daerah untuk sementara waktu," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.5202 seconds (0.1#10.140)