Cegah Corona, Pasukan Kimia Biologi Radioaktif Polda Jabar Dikerahkan Bebersih Masjid Agung

Sabtu, 14 Maret 2020 - 10:45 WIB
Cegah Corona, Pasukan Kimia Biologi Radioaktif Polda Jabar Dikerahkan Bebersih Masjid Agung
Personel Unit KBR Gegana Brimob Polda Jabar menyemprot disinfektan di sekitar masjid menggunakan watergun. SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Sebanyak 350 personel gabungan Polrestabes Bandung , Brimob Polda Jabar, Kodim 1618/BS, dan instansi pemerintahan Kota Bandung bergotong royong bebersih Masjid Agung dan Alun-alun Bandung di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (14/3/2020). Selain menyapu sampah, juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Kota Bandung, terutama untuk melindungan masyarakat yang berkunjung ke Alun-alun dan Masjid Agung Bandung. Pantauan SINDOnews, sekitar pukul 07.30 WIB, anggota polisi. (Baca juga; Kota Solo KLB Corona, Sekolah Diliburkan dan Aktivitas Olahraga Disetop )

Personel TNI dan pegawai pemerintah bersih-bersih sampah di area lingkungan Alun-Alun. Selanjutnya, 10 anggota Unit Kimia Biologi Radioaktif (KBR) Gegana Brimob Polda Jabar menyemprotkan disinfektan. Personel Unit KBR Gegana Brimob Polda Jabar menyemprot disinfektan ke karpet dan seluruh fasilitas di dalam masjid menggunakan watergun. Sedangkan personel lainnya membersihan bagian luar masjid.

Selanjutnya, penyemprotan disinfektan juga dilakukan di kawasan Alun-alun Bandung. Penyemprotan menggunakan mobil dilakukan terhadap trotoar, pohon, halte bus, dan titik lain di sekeliling kawasan Alun-alun Bandung. Selama penyemprotan dilakukan, personel Brimob dilengkapi alat pelindung diri (APD), dan baju proteksi biologi level C.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, pihaknya bersama instansi pemerintah, Kodim 0618/BS, dan Brimob Polda Jabar melakukan kegiatan bersih-bersih Alun-alun Bandung dan Masjid Raya Agung Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

"Setidaknya harus bersih pribadi, baru bersih lingkungan. Kemudian ditambah lagi membersihkan (Alun-alun dan Masjid Agung Bandung) dengan menyiapkan alat-alat yang ada untuk mengantisipasi virus yang ada," kata Ulung di sela-sela bebersih, Sabtu (14/3/2020). (Baca juga; RSUP Persahabatan Pastikan Pasien Positif Corona yang Kabur Sudah Kembali )

Polrestabes Bandung pun menyosialisasikan kepada masyarakat agar menjaga kebersihan diri. "Kita tahu penyakit akibat virus itu, namun jangan panik, tetap waspada. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan fasilitas penyemprotan disinfektan, maka pemerintah Kota Bandung yang akan menyiapkan," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8329 seconds (0.1#10.140)