alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Provinsi Kaya Minyak di Arab Saudi Dikunci untuk Cegah Corona

Victor Maulana
Provinsi Kaya Minyak di Arab Saudi Dikunci untuk Cegah Corona
Arab Saudi dilaporkan telah memberlakukan penguncian sementara di Provinsi Qatif, untuk mencegah penyebaran virus Corona, COVID-19. Foto/Reuters

RIYADH - Kerajaan Arab Saudi dilaporkan telah mengunci atau lock down sementara di Provinsi Qatif. Penguncian provinsi penghasil minyak tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona baru, COVID-19.

Qatif adalah wilayah dengan jumlah infeksi virus Corona terbesar di Saudi. Sejauh ini, setidaknya sudah ada 15 kasus infeksi di wilayah tersebut, termasuk seorang warga Amerika Serikat (AS).

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan penguncian di Qatif, setelah Riyahd mengkonfirmasi empat kasus terbaru di provinsi yang memiliki populasi Muslim Syiah yang besar di Saudi tersebut. (Baca juga; Cegah Virus Corona, Kakbah Ditutup Sementara untuk Dibersihkan)



"Pekerjaan di semua lembaga publik dan swasta dihentikan sebagai tindakan pencegahan untuk mencegah penyebaran penyakit," kata Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi itu dalam sebuah pernyataan. Kementerian itu juga menyatakan, bahwa hanya layanan vital seperti keamanan dan penyediaan yang akan mendapat pengecualian.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, seperti dilansir Reuters pada Senin (9/3/2020), mengatakan penguncian sementara Qatif akan memungkinkan penduduk untuk kembali ke rumah. Termasuk memastikan barang-barang komersil dan logisitk akan terus dipasok ke provinsi itu. (Baca juga; Dirut Garuda: Kapan Penerbangan Umrah Dibuka, Hanya Tuhan yang Tahu)

Tetapi, sejumlah pihak menilai keputusan itu dapat membangkitkan kebencian di Qatif. Diketahui Qatif telah menjadi titik konflik antara pemerintah Saudi yang didominasi Sunni dan kaum minoritas Syiah yang mengeluhkan diskriminasi dan marginalisasi.

Sebelumnya, Arab Saudi juga telah menutup seluruh sekolah dan universitas untuk mencegah penyebaran Covid-19. (Baca juga; Cegah Penyebaran Corona, Seluruh Sekolah dan Universitas di Arab Saudi Ditutup)



(wib)

preload video