RSHS Observasi Tiga WNI, Dua Pasien Dinyatakan Negatif Corona

Senin, 24 Februari 2020 - 14:21 WIB
RSHS Observasi Tiga WNI, Dua Pasien Dinyatakan Negatif Corona
RSHS melakukan perawatan tiga pasien observasi virus Corona. Dua pasien negatif, dan satu diantaranya masih menunggu hasil laboratorium. SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) merawat tiga pasien observasi virus Corona . Dua di antaranya telah dinyatakan negatif virus Corona, sedangkan satu pasien masih menunggu hasil tes laboratorium.

Sebelumnya, ketiga pasien yang merupakan warga negara Indonesia (WNI), diobservasi karena memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Ketiga pasien yang dirawat, memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas.

Menurut Dirut RSHS R Nina Susana Dewi, selama berada di RSHS mereka dirawat di Ruang Infeksi Khusus Kemuning (RIKK). Ketiganya dirawat dengan status dalam pengawasan atau people under observation (orang dalam pemantauan).

Menurut dia, pasien pertama pria berinisial S (58). Dia tinggal di Perth, Australia, kemudian saat pulang ke Indonesia, pasien mengalami gejala flu, sesak napas. "Dia merupakan rujukan dari RS Advent. Tetapi saat ini pasien sudah dipulangkan," kata Nina Susana Dewi di RSHS Bandung, Senin (24/2/2020).

Pasien kedua, juga pria berinisial RG (45), yang belum lama ini memiliki riwayat perjalanan ke Thailand dan Vietnam. Saat datang ke RSHS, pasien mengalami demam, dan menunjukan gejala batuk dan flu. (Baca juga; RSHS Dikabarkan Kembali Tangani Pasien Suspect Corona asal Kabupaten Bandung )

Namun untuk pasien kedua, saat ini masih menjalani perawatan di RIKK. Pasien tersebut masih menunggu hasil dari laboratorium. Dia berharap, dalam waktu dekat minimal sore ini, akan mendapatkan hasilnya.

"Kondisi pasien sekarang, sudah tidak demam, tidak ada sesak, tapi masih ada sedikit batuk. Tetapi hasil wawancara dengan keluarga, menyebutkan yang bersangkutan alergi dan mengalami kecapean," jelasnya. (Baca juga; 4 Orang yang Diawasi di RSHS dan RS Paru Rotinsulu Negatif Corona )

Sementara pasien ketiga, adakah pasien wanita berinisial AS (55). Pasien tersebut miliki riwayat ke luar negeri, yakni ke negara Thailand, Malaysia dan Singapura. Sepulang dari luar negeri, pasien mengalami gejala sesak dan batuk. "Namun setelah dilakukan pemeriksaan, pasien tersebut negatif dan sudah dipulangkan," katanya.

Sementara itu, Ketua tim penanganan infeksi khusus, Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Yovita menuturkan, untuk pasien kedua, hasil pemeriksaan rontgen menunjukkan adanya infeksi pada paru-paru pasien. "Hasil rontgen ada infeksi paru, lalu kami ambil sampel di ruangan isolasi. Untuk hasil lab-nya mudah-mudahan bisa di dapat hari ini," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2880 seconds (0.1#10.140)