Dampak Virus Corona, Bawang Putih Mulai Langka di Cirebon

Selasa, 11 Februari 2020 - 14:01 WIB
Dampak Virus Corona, Bawang Putih Mulai Langka di Cirebon
Dampak wabah virus Corona, menyebabkan bawang putih di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, langka. iNewsTV/Toiskandar
A A A
CIREBON - Dampak wabah virus Corona , menyebabkan bawang putih di wilayah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, langka. Bahkan harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional Cirebon mulai merangkak naik sejak sepekan terakhir.

Kelangkaan dan kenaikan harga bawang putih akibat tersendatnya impor dari China. Di Pasar Ciledug, Kabupaten Cirebon, saat ini harga bawang putih dijual Rp60.000 per kilogram, padahal harga normal hanya Rp25.000. (Baca juga; Impor dari China Dihentikan, Bawang Putih Akan Didatangkan dari Negara Lain )

“Merebaknya virus Corona di China berdampak pada pasokan bawang putih di Indonesia mulai langka dan berkurang,” kata Anisa, pedagang sayur, Selasa 11/2/2020). Kenaikan harga bawang putih juga diikuti kenaikan komoditas lain, seperti cabai merah, akibat cuaca buruk dan banjir.

Para pedagang dan pembeli berharap pemerintah menggelar pasar murah di pasar. “Karena bawang putoh dan cabai, merupakan kebutuhan sehari-hari untuk memasak,” kata Abun, pedagang. (Baca juga; Jabar Optimalkan Pasokan Lokal untuk Atasi Kenaikan Harga Bawang Putih )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3177 seconds (0.1#10.140)