alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Virus Corona, Petugas Kesehatan BIJB Perketat Pemeriksaan Penumpang

Inin Nastain
Antisipasi Virus Corona, Petugas Kesehatan BIJB Perketat Pemeriksaan Penumpang
Petugas kesehatan Wilker BIJB Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung saat memantau thernal scanner. SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Petugas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajari memperketat pemeriksaan terhadap penumpang untuk mengantisipasi merebaknya wabah virus Corona.

Petugas Kesehatan Wilker BIJB Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandung, Yustikawati mengatakan, pemeriksaan di pintu keluar penerbangan domestik sudah dilakukan sejak Senin (27/1/2020), atas instruksi pemerintah pusat.

"Dengan thermal scanner ini, akan diketahui suhu tubuh seseorang. Jadi ketika ada indikasi ke arah sana, bisa segera diketahui," katanya, Rabu (29/1/2020). (Baca juga; Disparbud Jabar Imbau Pelaku Industri Pariwisata Waspadai Virus Corona)



Dalam pelaksanaannya, ketika suhu tubuh seseorang tercatat di angka 38 derajat celsius, maka dilakukan penanganan lebih lanjut. "Ketika ada indikasi, salah satunya suhu tubuhnya 38 derajat, kami lakukan wawancara kepada yang bersangkutan dan pemeriksaan lanjutan," ungkapnya.

Selain itu, kata Yustikawati, petugas juga akan mencari tahu apakah yang bersangkutan dalam 2 pekan terakhir pernah ke daerah rawan virus Corona atau tidak. "Termasuk apakah dia flu, batuk, dan sesak napas. Ketika semua terpenuhi, kami rujuk ke Rumah Sakit. Di Jabar rumah sakit rujukannya itu RSHS Bandung,” jelasnya.

Yustikawati menambahkan, ada beberapa daerah asal penerbangan yang dianggap perlu mendapat perhatian lebih. Ketiga daerah itu, yakni Batam, Bali, dan Kualanamu. "Alhamdulillah sampai sekarang baik-baik saja. Mudah-mudahan memang baik selamanya," pungkasnya. (Baca juga; Ubah Bintang di Bendera China Jadi Virus Corona, Media Denmark Tolak Minta Maaf)



(wib)

preload video