FH BUMN Bakal Tangkal Hoaks

Rabu, 13 Maret 2019 - 12:00 WIB
FH BUMN Bakal Tangkal Hoaks
Pengurus Forum Humas BUMN seusai Kongres FH BUMN di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (13/3/2019). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH BUMN) menetapkan Rohan Hafas sebagai ketua baru, periode 2019-2021. Pengurus baru forum itu diharapkan mampu menjadi ujung tombak menangkal berita negatif dan hoaks.

Ketua FH BUMN Rohan Hafas menyatakan, salah satu peran yang akan diambil FH BUMN adalah menangkal hoaks. Apalagi sekarang medsos sangat cepat informasinya. Berita hoaks juga bisa menyebar ke mana-mana.

"Kita harus bisa menangkal itu. Caranya, prestasi dan kinerja BUMN akan kita sampaikan secara reguler. Sehingga informasi hoaks dengan sendirinya bisa ditangkal. Karena pembaca sudah dapat informasi yang benar. Hoaks kan muncul karena kekosoangan informasi sebelumnya," ujar Rohan di sela sela Kongres FH BUMN di Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Rabu (13/3/2019).

Dia mengakui, tantangan humas BUMN ke depan akan semakin berat. Banyak informasi pencapaian yang mestinya bisa disampaikan kepada masyarakat. Dari 143 BUMN, kapasitas kehumasan mereka selama ini tidak seragam. Ada BUMN besar yang memiliki perangkat kehumasan cukup bagus, tetapi ada juga yang belum lengkap.

"Harusnya kita bisa menjembatani itu. Kita mestinya bisa sinergikan, sehingga bisa informasikan program BUMN kepada masyarakat," ujarnya.

Deputi Bidang Infrastuktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra berharap Forum Humas BUMN bisa menjadi corong kegiatan yang sudah dilakukan. Kemudian, menangkal informasi negatif dan tidak benar yang disampaikan pihak tidak terlalu paham tetapi bicara BUMN.

"Kalau hal negatif disampaikan, tetapi itu benar, ya tidak masalah. Tapi yang harus ditangkal, kalau tidak sesuai fakta. Hoaks sangat bahaya. Kita harus beritakan yang positif. Nah, peran itu yang harus dilakukan oleh FH BUMN," jelas dia.

Selama ini, kata dia, FH BUMN sudah banyak berbuat dalam rangka mempublikasikan BUMN. Namun, hal itu harus ditingkatkan. Humas, kata dia, juga harus menyesuaikan perkembangan yang ada. Saluran informasi harus memanfaatkan media sosial.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4906 seconds (0.1#10.140)