alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bakal Ada Unggas dan Rusa di Taman Kota KBB

Adi Haryanto
Bakal Ada Unggas dan Rusa di Taman Kota KBB
Taman kota yang terdapat di kawasan Kompleks Pemda KBB di Ngamprah, akan diisi oleh flora dan fauna dan menjadi ruang terbuka hijau yang nyaman. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Hutan Kota yang berada di Kompleks Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB), di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, akan berubah menjadi taman kota. Selain akan ditanami pohon buah-buahan yang bisa dinikmati masyarakat, di tempat ini juga akan ditempatkan sejumlah flora dan fauna jinak yang ramah terhadap manusia.

"Selain menjadi kawasan hijau tempat berkumpulnya masyarakat, hutan kota yang namanya menjadi taman kota itu juga akan dimeriahkan oleh kehadiran beraneka satwa jenis unggas atau rusa," kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman KBB Rachmat Adang Syafaat kepada SINDOnews, Sabtu (16/2/2019).

Menurutnya hal itu sesuai arahan Bupati Aa Umbara Sutisna untuk membenahi taman kota agar bisa dirasakan oleh masyarakat. Guna menata taman seluas 4,6 hektare itu, pihaknya mendapatkan kucuran bantuan alokasi dana bagi hasil dari pemerintah pusat senilai Rp5 miliar. Diharapkan dengan adanya kucuran dana dari APBN, taman kota bisa menjadi tempat bagi masyarakat untuk berkumpul atau berswafoto.



"Konsepnya saat ini sedang dirancang oleh tim konsultan, karena Bupati ingin di tempat itu terdapat telaga, ruang terbuka untuk anak-anak mengenal alam seperti keberadaan sawah, pohon buah-buahan yang bisa dipetik dan dinikmati langsung, dan lainlain. Sebab taman kota ini nantinya akan tersambung dengan plaza yang terdapat miniatur berbagai objek wisata di KBB," sebutnya.

Selain itu, penataan juga dilakukan di taman-taman yang berada di sekitar kompleks pemda. Termasuk juga pada tulisan 'Kantor Bupati Bandung Barat' yang dilakukan pengecetan ulang serta penambahan lampu sorot. Di sepanjang pedestrian di kompleks pemda juga ditempatkan lebih dari 20 kursi hias yang ergonomis untuk masyarakat atau tamu ke kantor pemda bersantai sejenak sambil menikmati suasana kompleks Pemda KBB yang asri.

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna menginginkan keberadaan taman kota  yang terdapat di kawasan Kompleks Pemda KBB menjadi maskot dan bisa dinikmati masyarakat untuk berwisata. Dirinya sudah menginstruksikan lima dinas melakukan penataan agar taman kota pada tahun ini bisa dinikmati masyarakat. Jika ditata dan dibuat menjadi lebih asri dengan ditanami buah-buahan, akan banyak masyarakat yang berkunjung, memetik, dan menikmati buahnya.

"Keberadaan taman kota akan nyambung dengan plaza, food court, telaga, arena ketangkasan, serta ruang publik lainnya di kompleks pemda ini. Saya ingin kehadiran pemerintah bisa dirasakan oleh masyarakat termasuk apa yang ada di dalam kantor pemda, oleh karenanya ini (taman kota) harus jadi maskot KBB," ujarnya. (Baca juga: Hutan Kota Bakal Ditata Menjadi Maskot Pemda KBB).



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif