alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Implementasi One Village One Company, Pemprov Jabar Gandeng Honda

Agung Bakti Sarasa
Implementasi One Village One Company, Pemprov Jabar Gandeng Honda
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan pembalap MotoGP dari Repsol Honda Team Marc Marquez bertemu di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (9/2/2019). Foto/Istimewa

BANDUNG - Pemprov Jabar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menandatangani kerja sama  dengan PT Daya Adicipta Motor. Kerja sama yang dibangun Pemprov Jabar dan produsen sepeda motor Honda itu terkait komitmen pemesanan suvenir Honda kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) serta Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) binaan Pemprov Jabar.

Penandatanganan dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jabar Taufik Budi Santosa dan Presiden Direktur PT Daya Adicipta Motora Krisgianto Lilikwargawidjaja serta disaksikan langsung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pembalap MotoGP Marc Marquez. (Baca juga: Sebelum Bertemu Ridwan Kamil, Marc Marquez Naik Bandros Keliling Bandung).

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menerangkan, kerja sama tersebut merupakan implementasi dari program One Village One Company yang digagas Pemprov Jabar. Nantinya, para pelaku UMKM dan BUMDes di Jabar akan menerima pesanan merchandise dari Honda.



"Inilah contoh saya sebagai pemimpin mencari perusahaan. Jangan hanya sibuk dengan industrinya, tapi menolong warga-warga di desa miskin melalui program. Jadi, nanti merchandise-nya yang dibuat oleh desa-desa itu dibeli oleh Honda dan dijadikan merchandise," jelas Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (9/2/2019).

Emil berharap, penandatangan kerja sama ini memicu para pengusaha lainnya untuk bekerja sama dengan Pemprov Jabar dalam bidang lainnya. Beberapa program unggulan yang terbuka untuk dikerjasamakan dengan pengusaha atau swasta, kata Emil, di antaranya One Village One Company, One Pesantren One Product, dan kerja sama penyusunan kurikulum SMK berbasis industri.

"Ini langkah awal dan implementasi kami meningkatkan peran pengusaha dalam skema pentahelix untuk membangun Jawa Barat Juara Lahir Batin," ujar Emil.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif