KNPI Jabar Bagikan Alat Penyemprot Disinfektan ke Kota dan Kabupaten

Kamis, 02 April 2020 - 12:05 WIB
KNPI Jabar Bagikan Alat Penyemprot Disinfektan ke Kota dan Kabupaten
Kader KNPI Kabupaten Kuningan menerima bantuan alat penyemprot disinfektan dari KNPI Jabar. Foto/Dok/KNPI Jabar
A A A
KUNINGAN - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat membagikan alat penyemprot disinfektan kepada KNPI di 27 kota dan kabupaten se-Jabar sebagai upaya untuk memutus rantai persebaran virus Corona atau COVID-19. (Baca juga; Perangi Corona, Polda Jabar dan Jajaran Serentak Semprotkan 1,3 Juta Liter Disinfektan )

Ketua KNPI Jabar, Rio F Wilantara mengatakan, melalui langkah tersebut, pihaknya berharap, para kader KNPI di seluruh kota dan kabupaten di Jabar bergerak mengatasi wabah virus Corona lewat penyemprotan disinfektan. Nantinya, kata Rio, semua organisasi di kota dan kabupaten juga bisa meminjam alat tersebut melalui KNPI kota dan kabupaten masing-masing.

"Bantuan alat ini sudah mulai didistribusikan, bahkan ada yang sudah berjalan. Bantuan ini dari KNPI Jabar, berjalan internal. Kita kan ada lembaga bersama yaitu Peta (Pemuda Tangkal Corona) yang fungsinya menyatukan organisasi untuk berjuang bersama tanpa embel-embel organisasi masing-masing, kita berjuang bersama," tegas Rio dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/4/2020).

Untuk cairan disinfektannya, Rio memastikan, KNPI menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau instansi terkait supaya kandungan disinfektan yang digunakan sesuai standar pemerintah. Pihaknya tidak ingin sembarangan melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan jika berisiko.

"Memang arahan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) sekarang ini dimasifkan untuk penyemprotan disninfektan. Kita siapkan alatnya, sementara cairan disinfektan sudah kerja sama dengan BPBD masing-masing. Kita tidak sembarang kasih isi, agar tidak ada risiko-risiko kepada masyarakat luas," terangnya.

Rio meminta seluruh KNPI kota dan kabupaten di Jabar sudah selesai melaksanakan penyemprotan secara masif pada akhir pekan ini. Pasalnya, bantuan ini merupakan tahap awal dan nantinya ada penambahan bantuan lain, misalnya wasftafel portable, hand sanitizer, atau beberapa alat pelindung diri (APD) berbasis kebutuhan daerah masing-masing.

"Dalam minggu ini akan kita kumpulkan, lalu segera didistribusikan. Karena programnya dijalankan berbasis kepentingan, maka masyarakat yang butuh harus segera dieksekusi. Pemuda di tingkat daerah sama-sama membantu pencegahan Corona, tidak ada lagi alasan keterbatasan sarana. Seluruh Jabar bergerak bersama," tegasnya lagi.

Rio juga mengatakan, relawan Peta sudah bertemu dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil terkait inovasi penyemprotan disinfektan menggunakan drone. Dalam pertemuan itu, Ridwan Kamil tertarik mendistribusikan drone tersebut kepada kota dan kabupaten.

"Kita kerja sama dengan perusahaan drone lokal Jabar. Pak Gubernur memberikan hibah ke pimpinan daerah di Jabar. Nah KNPI menyiapkan pilotnya," ujarnya. (Baca juga; Kodim 0508 dan Polrestro Depok Gunakan Drone Semprot Disinfektan )

Menurutnya, penggunaan drone akan bermanfaat juga setelah wabah Corona ini usai, misalnya untuk penyemprotan hama di kawasan agribisnis atau memantau situasi pesisir pantai bagi daerah pesisir pantai.

"Kalau bisa mah satu drone itu satu desa untuk mendukung program satu start up satu desa. Makanya, KNPI menyiapkan kader. Saat memproduksi 27 drone, kita simultan juga membuat pelatihan kepada Patriot Desa KNPI. Mereka diberikan sertifikasi pilot drone. Jadi ada satu orang pilot drone tersertifikasi. Rencananya, materi pengajaran pilot drone ini digelar setiap tahun yang bisa diikuti kader di kota dan kabupaten," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9459 seconds (0.1#10.140)