Perangi Corona, Polda Jabar dan Jajaran Serentak Semprotkan 1,3 Juta Liter Disinfektan

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:14 WIB
Perangi Corona, Polda Jabar dan Jajaran Serentak Semprotkan 1,3 Juta Liter Disinfektan
Tim Polda Jabar menyemprotkan cairan disinfektan di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Polda Jabar dan seluruh jajaran serentak melaksanakan penyemprotan 1.354.765 atau 1,3 juta liter cairan disinfektan di ratusan titik strategis dan jalan protokol, Selasa (31/3/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai persebaran virus Corona atau Covid-19 sekaligus menanggulangi wabah yang tengah melanda saat ini.

"Kegiatan penyemprotan massal disinfektan untuk memutus mata rantai dan mencegah persebaran Covid-19 ini merupakan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso.

Di Polda Jabar dan di seluruh wilayah hukum jajaran, ujar Erlangga, penyemprotan massal disinfektan dilaksanakan pada pagi hari.

Erlangga mengemukakan, sebelum kegiatan penyemprotan disinfektan dilaksanakan, didahului dengan apel di Mapolda Jabar. Apel dipimpin oleh Kepala Biro Operasional (Karo Ops) Polda Jabar Kombes Pol Stephen M Napiun.

Sebanyak 745 lokasi di seluruh wilayah hukum Polda Jabar, ujar Erlangga, disemprot cairan disinfektan. Jumlah personel gabungan yang terlibat 8.813 orang, terdiri dari Polri 3.715, TNI 1.390, pemerintah daerah (pemda) 2.352, dan unsur lain 1 356 orang.

"Jumlah kendaraan penyemprotan 2.101 unit, jumlah peralatan pendukung 917 peralatan dan total 1.354.765 liter cairan disinfektan yang disemprotkan," ujar Erlangga.

Kabid Humas menuturkan, penyemprotan cairan disinfektan untuk membunuh virus Corona menggunakan water cannon Brimob Polda Jabar, dimulai dari Mapolda Jabar kemudian sepanjang Jalan Soekarno-Hatta hingga Buahbatu.

Kemudian, tim penyemprot belok kiri sampai putaran jalan Tol selanjutnya menuju perempatan Buahbatu belok kiri sampai perempatan Leuwipanjang. Kemudian belok kanan menuju jalan Lingkar Selatan.

Lalu, tim belok kiri menuju perempatan Jalan Gatot Subroto, kemudian belok kanan ke Jalan Gatot Subroto terus sampai perempatan Binong.

Tiba di kawasan ini, tim belok kanan sampai perempatan Jalan Soekarno-Hatta dan belok kiri sampai terus ke Cibiru. Terakhir, tim memutar balik menuju Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta.

“Penyemprotan sepanjang Jalan Soekarno-Hatta sampai perempatan Leuwipanjang kemudian balik lagi ke Cibiru dan balik lagi ke Mapolda Jabar,“ pungkas Kabid Humas.

Kegiatan serupa dilaksanakan pula oleh Polrestabes Bandung dan jajaran polsek. Di Kota Bandung, penyemprotan cairan diinfektan yang dipimpin oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya itu, dimulai dari Simpang Lima. Kawasan ini mempertemukan lima ruas jalan, yakni, Jalan Asia Afrika, A Yani, Sunda, Karapitan, dan Gatot Subroto.

Tim penyemprot cairan disinfektan Polrestabes Bandung kemudian bergerak menuju Jalan Asia Afrika. Selanjutnya, belok kiri ke Jalan Otto Iskandardinata. Lalu belok kiri lagi ke kawasan Tegallega, Jalan BKR. Kemudian, tim bergerak menuju Jalan Moh Ramdan, Karapitan, Sunda, dan finis di Mapolrestabes Bandung Jalan Jawa.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.4546 seconds (0.1#10.140)