Bukan Karena Corona, Ini Penyebab Pria Terkapar di Jalan Jakarta

Rabu, 01 April 2020 - 19:41 WIB
Bukan Karena Corona, Ini Penyebab Pria Terkapar di Jalan Jakarta
Tangkapan layar dari video seorang pria terkapar di Jalan Jakarta, Kota Bandung. Foto/Dokumentasi.Warga
A A A
BANDUNG - Peristiwa seorang pria terkapar di Jalan Jakarta, Kota Bandung pada Selasa (31/3/2020) siang, membuat warga bertanya-tanya, sakit apakah gerangan?

Lantaran saat ini virus Corona atau Covid-19 tengah mewabah, sebagian besar warga Kota Bandung mengait-ngaitkannya dengan penyakit yang disebabkan virus tersebut. Tak heran jika saat kejadian, warga tak berani mendekat apalagi menolong. (BACA JUGA: Viral Video Pria Terkapar di Jalan Jakarta Bandung, Warga Ketakutan dan Menjauh )

Namun, misteri tentang penyebab pria itu terjatuh lalu terkapar pingsan di Jalan Jakarta, tepatnya pertingaan antara Jalan Jakarta-Sukabumi itu terkuak, setelah tim medis Rumah Sakit Umum Pusat (RUSP) Hasan Sadikin atau RSHS Bandung melakukan pemeriksaan intensif.

Melalui keterangan tertulis di situs web.rshs.or.id pada Rabu (1/4/2020), Humas RSHS Renny Meisuburryani mengatakan, tim medis RSHS Bandung memastikan pria tersebut tak terjangkit virus Corona.

Penyebabnya, pria yang saat kejadian mengenakan sweater putih, kaus biru, dan celana hitam itu, mengalami cedera ringan di kepala. Pasien telah diperbolehkan pulang oleh dokter pada Rabu (1/4/2020) dini hari.

"Setelah dilakukan pemeriksaan termasuk foto thorax kepada orang tersebut, ditemukan cedera kepala ringan dan sudah dapat pulang pada 1 April 2020 dini hari," kata Humas RSHS Renny Meisuburryani.

Renny mengemukakan, pria tersebut pingsan di jalan lalu dibawa petugas Dinkes Kota Bandung menggunakan alat pelindung diri (APD) ke RSHS Bandung.

Setelah tiba di RSHS, ujar Renny, pria tersebut masuk ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD), menjalani pemeriksaan, dan observasi di Ruang Isolasi IGD.

"Masuk IGD RSHS sekitar pukul 14.14 WIB dan langsung menjalani pemeriksaan dan diobservasi di Ruang Isolasi IGD," ujar Renny.

Seorang pria tiba-tiba jatuh dan terkapar di tepi Jalan Jakarta, Kota Bandung, Selasa (31/3/2020) sekitar pukul 13.30 WIB. Peristiwa ini membuat warga yang berada di kawasan itu ketakutan. (BACA JUGA: Seorang Wanita Tergeletak di Tepi Jalan Terusan Sudirman, Warga Cimahi Panik )

Rekaman video pria terkapar di Jalan Jakarta, Kota Bandung tersebut viral di semua platform media sosial. Belum diketahui, korban meninggal atau hanya pingsan akibat penyakit yang dideritanya. Dalam video berdurasi 28 detik itu, tampak polisi mengatur lalu lintas dan memasang barier untuk melindungi pria tersebut.

Warga sekitar lokasi tak berani mendekat, apalagi menolong. Mereka khawatir korban positif terpapar Corona atau Covid-19. Akibatnya, pria yang terkapar itu dibiarkan tergeletak di tepi jalan di tengah lalu lalang kendaraan baik motor maupun mobil.

Tak lama kemudian, tim rescue dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung tiba di lokasi kejadian. Namun petugas Diskar PB yang mengenakan masker dan sarung tangan pun hanya menutupi korban dengan terpal warna merah. (BACA JUGA: Benarkah Pengidap Epilepsi Bisa Tiba-tiba Pingsan? Ini Penjelasan Dokter )

Barier dipasang di sekitar pria yang terkapar. Petugas Diskar PB tak berani menyentuh apalagi mengevakuasi korban. Selanjutnya, petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bandung tiba dengan ambulans.

Para petugas medis itu mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap, lalu mengevakuasi korban ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin atau RSHS Bandung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1466 seconds (0.1#10.140)