Rumah Zakat Kirim 135.000 Paket Makanan ke Warga Terdampak COVID-19

Selasa, 31 Maret 2020 - 16:17 WIB
Rumah Zakat Kirim 135.000 Paket Makanan ke Warga Terdampak COVID-19
Ojek online mengirimkan paket makanan gratis Rumah Zakat di Bandung dan Jakarta. Foto/Dok/Humas RZ
A A A
BANDUNG - Rumah Zakat menginisiasi program Bingkisan Keluarga Pra Sejahtera berupa sembako dan juga 135.000 paket makanan siap santap untuk warga terdampak wabah Corona atau COVID-19. Paket sembako itu akan dikirimkan di 33 provinsi di seluruh Indonesia.

Mekanismenya, Rumah Zakat memesan paket makanan di warung nasi yang penjualan menurun, kemudian didistribusikan kepada keluarga yang penghasilannya berkurang drastis di masa wabah Corona ini. Pengiriman makanan pun dilakukan dengan memesan ojek online.

“Program ini untuk membantu para pekerja informal seperti pemilik warung nasi, sopir ojek online, buruh harian, pedagang keliling, dan lainnya yang kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena minimnya pemasukan," kata Chief Program Officer Rumah Zakat Murni Alit Baginda, Selasa (30/3/2020).

Melalui program ini, setidaknya ada 3 pihak yang terbantu yakni pemilik warung nasi, sopir ojek, dan juga pekerja informal lainnya. Harapannya, program ini dapat membantu meringankan beban mayarakat yang ekonominya terdampak wabah Corona. (Baca juga; Pandemi Corona, Warteg di Depok Ini Sediakan Makan Gratis )

Murni melanjutkan bahwa program Berbagi Makanan Keluarga ini telah dimulai. Tahap awal, pihaknya menyalurkan 240 paket di wilayah Jakarta dan Bandung. “Insya Allah akan dilanjutkan ke wilayah lainnya yang ada di Indonesia. Mohon doanya agar program ini lancar dan mendapat dukungan dari banyak pihak,” tuturnya.

Selain menyalurkan program Berbagi Makanan Keluarga, Rumah Zakat telah menyalurkan berbagai program. Seperti sosialisasi PHBS di 24 provinsi, sterilisasi fasilitas umum di 660 titik, penyaluran Alat Perlindungan Diri (APD) untuk tim medis di enam rumah sakit dan satu puskesmas, serta Berbagi Makanan untuk tim medis. Program tersebut dijalankan dengan menurunkan para relawan terlatih dan profesional.

“Kami akan terus mengupayakan pendistribusiaan APD untuk tim medis dan juga paket Sembako serta makanan siap santap bagi para pekerja informal. Sebab kedua hal inilah yang kami rasa paling dibutuhkan oleh masyarakat di masa pandemi seperti ini,” imbuh Murni. (Baca juga; Grab Bagikan 2.000 Thermo Gun untuk Pastikan Konsumen Aman )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.9702 seconds (0.1#10.140)