alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DBD Mengintai Saat Warga Perang Melawan Corona

Asep Supiandi
DBD Mengintai Saat Warga Perang Melawan Corona
Upaya pengasapan untuk mencegah penyebaran DBD di wilayah RW 13 Kelurahan Ciseureuh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta. Foto : Sindonews/Asep Supiandi

PURWAKARTA - Virus corona ternyata bukan satu-satunya wabah yang mesti diwaspadai di Kabupaten Purwakarta. Serangan demam berdarah dengue (DBD) pun mulai merebak di sebagian wilayah perkotaan Purwakarta. Salah satunya di lingkungan RW 13 Kelurahan Ciseureuh.

Dalam tiga bulan terakhir, setidaknya tercatat ada 14 kasus DBD di wilayah ini denganpenderita dari anak-anak hingga orang dewasa. Jumlah kasus ini pun hampir mendekati angka kasus DBD selama 2019 lalu, yakni 16 kasus. Sontak saja warga semakin panik disaat mereka harus melawan kekhawatiran penularan Covid-9. (Baca : Tes Covid-19 Kedua Ridwan Kamil Dinyatakan Negatif Corona)

Humas RW 13 Kelurahan Ciseureh, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Undang Cece Wahab menyebutkan, dari total 14 RT yang ada terdapat beberapa wilayah yang jumlah penderitanya dominan, di antaranya RT 6 dan RT 13. Tahun sebelumnya, kasus DBD paling banyak di RT 2.



”Beberapa waktu lalu petugas kesehatan sempat melakukan penyelidikan epidemologi. Hasilnya menyimpulkan, ada penularan berasal dari luar dan ada juga yang memang tertular di sini. Khusus yang tertular di sini, jentik nyamuk ditemukan di dalam dispenser air,”ungka Undang kepada SINDOnews, Kamis (26/3/2020).

Dia menerangkan, solusi yang telah dan sedang dilakukannya berupa gerakan 3M (mengubur, menutup dan menguras). Disamping sepanjang pagi hingga sore ini  dilakukan pengasapan yang bekerja sama dengan PT Sumi Rubber Indonesia untuk 836 rumah.



(muh)

preload video