Ini Cara PPSDM Geominerba Cegah Penyebaran COVID-19

Selasa, 24 Maret 2020 - 14:50 WIB
Ini Cara PPSDM Geominerba Cegah Penyebaran COVID-19
Jajaran pegawai PPADM Geominerba saat berjemur mencegah Corona. Foto/Dok/Humas PPSDM Geominerba
A A A
BANDUNG - Mewabahnya penyebaran virus COVID-19 di Indonesia, ternyata bisa ditangkal dengan sinar matahari. Bahkan, nyaris semua virus dan bakteri tidak kuat sinar ultraviolet dari matahari dan suhu di atas 50 derajat celsius.

Untuk itu, Kepala PPSDM Geominerba Dwinugroho menyarankan, seluruh pegawainya untuk berkumpul di rooftop gedung kantor PPSDM Geominerba. Turut bergabung Kepala Badan BPSDM ESDM Wiratmaja dalam acara berjemur pagi hari.

Arahan ini bertujuan mengajak seluruh pegawai berjemur di bawah sinar matahari. Hal tersebut dilakukan untuk menambah daya imunitas setiap pegawai. “Kegiatan ini harus dilakukan setiap hari. Setiap pagi. Supaya kekebalan tubuh kita meningkat, dan virus-virus menjauh,” ujar Dwinugroho.

Diketahui sinar matahari memang tidak bisa langsung mematikan virus, bakteri, atau jamur. Meski demikian, sinar matahari terbukti baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga mampu menangkal serangan virus apa pun. (Baca juga; Cegah Corona, PPSDM Geominerba Cek Suhu Tubuh Pegawai dan Gelar Senam Zumba )

Sinar matahari mampu merangsang tubuh memproduksi vitamin D yang dibutuhkan dalam menjaga imunitas. Setelah berjemur, para pegawai mendapat jus sehat, dan healthy kit yang berisi masker, vitamin, hand sanitizer, dan tisu basah.

Selain menyangkut virus, penting diketahui bahwa berjemur di bawah sinar matahari pagi juga dapat menekan risiko kanker, mencegah depresi, dan memperbaiki sistem pencernaan. Untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan juga. (Baca juga; Jajaran Kemen ESDM Gelar Tes Urin untuk Cegah Penyalahgunaan Narkoba )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0664 seconds (0.1#10.140)