Dinkes Kota Bandung: 24 Orang Dalam Pemantauan Virus Corona

Selasa, 03 Maret 2020 - 13:01 WIB
Dinkes Kota Bandung: 24 Orang Dalam Pemantauan Virus Corona
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung memastikan sebanyak 24 orang berada dalam pemantauan terkait virus Corona. koran SINDO/Eko Purwanto
A A A
BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung memastikan sebanyak 24 orang berada dalam pemantauan terkait virus Corona. Mereka dipantau karena memiliki riwayat bepergian ke negara terdampak, seperti Jepang dan Korea Selatan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani Apip mengatakan, 24 orang itu bepergian ke Jepang dan Korea Selatan tetapi belum diketahui untuk keperluan apa ke sana. Mereka dipantau selama 14 hari ke depan meski tidak memiliki gejala penyakit batuk dan pilek.

"Total orang dalam pemantauan ada 31. Namun tujuh sudah selesai (negatif Corona). Sedangkan 24 orang masih dalam pemantauan selama 14 hari," kata Royse di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Selasa (3/3/2020). (Baca juga; Antisipasi Dampak Corona, Bulog Pastikan Stok Pangan Aman )

Rosye mengemukakan, 24 orang tersebut dipantau berdasarkan laporan yang diterima Dinkes atau melalui puskesmas. Selama dalam pemantauab, ke-24 orang itu tidak diisolasi atau dikarantina di rumah sakit melainkan di rumah masing-masing. "Kalau pemantauan itu di rumah, jadi gak ada yang diisolasi," ujarnya.

Teknis pemantauan, tutur Royse, dilakukan dengan cara berkoordinasi dan komunikasi. Jika ada yang enggan berkoordinasi, petugas akan mendatangi rumah yang bersangkutan. Sejauh ini, koordinasi dan komunikasi dengan 24 orang tersebut berlangsung lancar.

"Yang penting adalah menjalin komunikasi dengan yang bersangkutan dan keluarga tentunya. Nanti dari sana kami lakukan pemantauan sesuai kondisi. Kalau kurang kooperatif, ya harus kami datangi rumahnya," tutur Rosye.

Diketahui, terdapat dua warga negara Indonesia (WNI) positif terpapar virus Corona. Ibu (61) dan anak (31) itu terpapar Covid-19 setelah berinteraksi dengan WNA asal Jepang di Jakarta. Saat ini kedua pasien Corona tersebut diisolasi di RS Sulianti Saroso. (Baca juga; Jabar Siaga 1 Corona, Gubernur Imbau Warga Segera Cek Gejala ke RS )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6323 seconds (0.1#10.140)