14 Kecamatan di Kabupaten Karawang Kebanjiran, Ratusan Personel Kodim 0604 Evakuasi Warga

Selasa, 25 Februari 2020 - 11:45 WIB
14 Kecamatan di Kabupaten Karawang Kebanjiran, Ratusan Personel Kodim 0604 Evakuasi Warga
Personel Kodim 0604 Karawang membantu mengevakuasi warga korban banjir menuju lokasi pengungsian. SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Ratusan personel Kodim 0604 Karawang membantu warga korban banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Apalagi banjir yang merendam Kabupaten Karawang hingga Selasa (25/2/2020) meluas hingga ke 14 kecamatan.

Sebanyak 3.111 kepala keluarga dan 9.514 jiwa terpaksa mengungsi di lokasi yang disediakan Pemerintah Kabupaten Karawang. Rumah warga yang terdampak banjir mencapai 10.528 rumah dan diperkirakan bakal terus bertambah jika hujan belum berhenti.

"Hujan yang turun dalam beberapa hari ini menyebabkan wilayah banjir terus bertambah. Jika kemarin kami mencatat ada 9 kecamatan hingga pagi ini sudah mencapai 14 kecamatan,” kata Komandan Kodim 0604 Karawang, Letkol Inf Medi Haryo Wibowo, Selasa (25/2/2020).

Untuk membantu warga, kami dari Kodim 0604 Karawang menerjunkan personel dari koramil di masing-masing wilayah. “Khususnya warga yang membutuhkan tempat pengungsian," lanjut Letkol Inf Medi Haryo Wibowo. (Baca juga; Cellica Pimpin Evakuasi Warga Korban Banjir di Rengasdengklok Karawang )

Menurut Medi, Kodim 0604 Karawang bersama Polres dan Pemkab Karawang bekerja sama menangani banjir yang penyebarannya terus bertambah. Pihaknya bekerja sejak pagi hingga malam hari melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir.

"Banjir yang cukup parah terjadi di Perum BMI Cikampek, Dawuan Tengah, Purwasari Regency, dan Rengasdengklok. Semua warga disana sudah kami evakuasi ke tempat pengungsian sementara," katanya.

Mengingat banjir yang terus menyebar, lanjut Medi, saat ini tengah dilakukan kordinasi penanganan bencana banjir dengan berbagai instansi terkait. Bukan tidak mungkin Karawang ditetapkan status siaga bencana jika wilayah banjir terus menyebar ke berbagai tempat.

"Kami masih kordinasi dengan pemkab dan instansi lainnya untuk penanganan selanjutnya. Kami hanya membantu Pemkab Karawang agar penanganan banjir dilakukan efektif dan lancar dalam membantu warga," sebutnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8625 seconds (0.1#10.140)