Pembangunan Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok Rampung, Bekasi-Karawang Terhubung

Rabu, 12 Februari 2020 - 11:26 WIB
Pembangunan Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok Rampung, Bekasi-Karawang Terhubung
Pembangunan jembatan Pebayuran-Rengasdengklok di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, telah rampung. SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Pembangunan jembatan Pebayuran-Rengasdengklok di Desa Sumbersari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, telah rampung. Jembatan penghubung antara Kabupaten Bekasi dan Kabupaten karawang ini sudah bisa dilintasi semua kendaraan mulai hari ini, Rabu (12/2/2020).

Pengoperasian jembatan ini bakal diresmikan Bupati Bekasi Eka Supri Atmadja bersama Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha mengatakan, jembatan penghubung ini akan diresmikan oleh kedua pemerintah pada pukul 15.00 WIB.

"Nanti yang resmikan langsung Bupati Bekasi sama Bupati Karawang. Jembatan ini setelah diresmikan sudah bisa dilintasi masyarakat," katanya. (Baca juga; Wali Kota Bekasi dan Anies Baswedan Resmikan Dua Jalan Layang ke Bantargebang )

Menurut dia, pembangunan jembatan tersebut melalui beberapa tahap dengan membangun pondasi dan jalan pendekat dari Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang. Pada 2018, Kabupaten Bekasi mulai membangun jalan pendekat untuk kebutuhan pembangunan jembatan itu.

Kemudian, kata dia, pada 2019 Kabupaten Bekasi menganggarkan anggaran untuk membangun jembatan dengan konstruksi rangka baja desain atap melengkung dan bangunan pelengkap jalan, trotoar, dan Penerangan Jalan Umum (PJU)."Alhamdulillah pekerjaan tepat waktu, dan sudah mulai bisa digunakan," ujarnya.

Sebelumnya, jembatan penghubung Bekasi dengan Karawang mulai dibangun pada 2017 ini sempat mangkrak karena terkendala gagal lelang pada 2018. Namun, pada 2019 pembangunanya mulai dilakukan dan sudah mulai bisa dilalui masyarakat Utara Bekasi. (Baca juga; Jembatan Penghubung Bekasi dengan Karawang Rampung Dibangun )

Jembatan ini membentang sepanjang 300 meter dengan lebar tujuh meter di atas Sungai Citarum, Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Pebayuran di Kabupaten Bekasi dengan Kecamatan Rengasdengklok di Kabupaten Karawang. Kontruksi jembatan sudah dipastikan kuat untuk dilintasi segala jenis kendaraan.

Jembatan ini dianggarkan dua tahap, yakni pada 2017 sebesar Rp17 miliar untuk tahap awal dan tahap kedua dianggarkan sebesar Rp24 miliar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi 2017 dan 2019 serta anggaran dari Pemerintah Kabupaten Bekasi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3957 seconds (0.1#10.140)