Ini Nama Resmi Virus Corona dari China, COVID-19

Rabu, 12 Februari 2020 - 09:37 WIB
Ini Nama Resmi Virus Corona dari China, COVID-19
COVID-19, nama resmi untuk virus Corona mematikan yang berasal dari China. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JENEWA - COVID-19 menjadi nama resmi virus Corona mematikan dari China. Badan kesehatan internasional, WHO, menjelaskan"co" adalah singkatan dari "corona", "vi" untuk "virus" dan "d" untuk "penyakit", sementara "19" adalah untuk tahun, karena wabah ini pertama kali diidentifikasi pada 31 Desember 2019.

"Kami sekarang memiliki nama untuk penyakit ini dan itu COVID-19," kata Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan di Jenewa seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (12/2/2020). (Baca juga; Dampak Virus Corona, Bawang Putih Mulai Langka di Cirebon )

Tedros mengatakan, nama itu telah dipilih untuk menghindari referensi ke lokasi geografis tertentu, spesies hewan atau sekelompok orang sesuai dengan rekomendasi internasional untuk penamaan yang bertujuan mencegah stigmatisasi.

WHO sebelumnya memberi nama sementara virus itu "penyakit pernapasan akut 2019-nCoV". Sedangkan Komisi Kesehatan Nasional China menyebutnya "novel coronavirus pneumonia" atau NCP.

Di bawah seperangkat pedoman yang dikeluarkan pada 2015, WHO menyarankan agar tidak menggunakan nama tempat, seperti Ebola dan Zika - di mana penyakit-penyakit itu pertama kali diidentifikasi.

Nama-nama yang lebih umum, seperti "Sindrom Pernafasan Timur Tengah" atau "flu Spanyol" juga dihindari karena dapat menstigmatisasi seluruh wilayah atau kelompok etnis. Nama-nama orang - biasanya para ilmuwan yang mengidentifikasi penyakit - juga dilarang, seperti istilah yang memicu rasa takut yang tidak semestinya seperti tidak diketahui atau fatal,

WHO juga mencatat bahwa menggunakan spesies hewan dalam nama dapat menciptakan kebingungan, seperti pada 2009 ketika H1N1 secara populer disebut sebagai "flu babi". Ini memiliki dampak besar pada industri daging babi meskipun penyakit itu disebarkan oleh manusia daripada babi.

Virus Corona atau COVID-19 ini telah membunuh lebih dari 1.000 orang, menginfeksi lebih dari 42.000 orang, dan mencapai 25 negara. WHO menyatakan darurat kesehatan global. (Baca juga; AS Pastikan Hanya Tuhan yang Bisa Hentikan Virus Corona )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6120 seconds (0.1#10.140)