Hipmikindo KBB Bertekad Bantu Pemerintah Ciptakan Entrepreneur Baru

Jum'at, 31 Januari 2020 - 16:31 WIB
Hipmikindo KBB Bertekad Bantu Pemerintah Ciptakan Entrepreneur Baru
Ketua Umum Hipmikindo, KBB, Saiful Rachman (baju putih tengah) saat memperkenalkan jajaran kepengurusan sekaligus menjalin kemitraan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, KBB. Foto/Dok/Humas Hipmikindo KBB
A A A
BANDUNG BARAT - Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia (Hipmikindo) Kabupaten Bandung Barat (KBB) berkomitmen untuk menumbuhkan dan menguatkan kegiatan usaha produktif UMKM . Langkah itu sebagai upaya membantu pemerintah dalam membuka dan memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di KBB.

"Meskipun usaha kecil tapi, Usaha Mikro dan Kecil adalah kelompok pelaku ekonomi yang kuat terhadap krisis. Pondasinya adalah karena kemandirian usaha, yang jika dikelola dengan baik bisa membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat," kata Ketua Umum Hipmikindo, KBB, Saiful Rachman di Ngamprah, Jumat (31/1/2020). (Baca juga; Perlu Logistics Center untuk Kembangkan UMKM )

Saiful mengatakan, kebanyakan pelaku UMKM adalah pengusaha mikro dan kecil dengan modal yang tidak terlalu besar. Berdasarkan data tahun 2016, jumlah pelaku UMKM di KBB mencapai sekitar 20.000 orang dan itu bukan jumlah yang sedikit. Makanya para pelaku UMKM di KBB berinisiatif membentuk Hipmikindo sebagai wadah berhimpunnya masyarakat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah.

Menurut dia, tujuan dibentuknya organisasi ini untuk ikut berperan aktif memajukan usaha dan ekonomi masyarakat. Pihaknya pun sudah menjalin komunikasi dan sosialisasi terkait keberadaan Hipmikindo kepada Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dan beberapa dinas terkait, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangn, Dinas Koperasi dan UMKM.

Sebab, Hipmikindo merupakan mitra pemerintah daerah dalam kaitannya dengan usaha atau industri mikro dan kecil. "Support dari berbagai elemen, baik itu pemerintah, swasta dan organisasi usaha, sangat dibutuhkan untuk mendorong tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam berusaha baik mikro, kecil, dan menengah," tuturnya. (Baca juga; Anne Avantie Bagikan Tips Sukses bagi Pelaku UMKM di Jabar )

Lebih lanjut, dirinya menilai jika UMKM adalah bentuk penguatan ekonomi masyarakat yang menjadi penunjang sektor real ekonomi. Melalui penguatan kegiatan usaha produktif, UMKM akan membantu memperluas lapangan pekerjaan sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1001 seconds (0.1#10.140)