Anne Avantie Bagikan Tips Sukses bagi Pelaku UMKM di Jabar

Senin, 27 Januari 2020 - 18:00 WIB
Anne Avantie Bagikan Tips Sukses bagi Pelaku UMKM di Jabar
Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil bersama Anne Avantie dalam Seminar UMKM Dari Hati ke Hati bersama Anne Avantie di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (27/1/2020). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Perancang busana terkenal, Anne Avantie hadir dalam Seminar UMKM Dari Hati ke Hati bersama Anne Avantie bertajuk "Masalah Datang Sepaket dengan Jalan Keluar" di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020).

Dalam kesempatan itu, desainer yang dikenal dengan kebayanya itu berbagi tips kepada ratusan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jawa Barat. Dia mendorong agar para pelaku UMKM tak mudah menyerah dalam meraih sukses, termasuk saat menghadapi masalah.

Dalam seminar yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar itu, Anne meyakinkan bahwa setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya dan masalah adalah hal yang tak bisa dihindari oleh pelaku usaha. (Baca juga; 1.800 UMKM Jabar Beromzet Ratusan Juta-Miliaran Rupiah Bakal Diwisuda )

"Ini semua menjadi sebuah keresahan. (Tapi) seperti tertulis (di seminar), masalah datang sepaket dengan jalan keluar. Seperti kaki kita yang melangkah, kiri-kanan, kiri-kanan. Artinya tidak ada masalah yang jalan sendiri tanpa jalan keluar. Tidak ada orang yang diberkati saja tanpa diuji, begitu sebaliknya," paparnya.

Sosok Ernst and Young Entrepreneurial Winning Women Class of 2011 serta Heroes of Philanthropy 2013 ini pun berpesan agar para pelaku UMKM di Jabar jangan pernah menyalahkan orang lain atas masalah yang terjadi. Sebaliknya, Anne meminta mereka untuk bertanya kepada diri sendiri tentang kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi setiap tindakan sehari-hari.

"(Contohnya) semua orang ingin ponsel baru, tapi apakah mendesak? Ini menjadi pilihan. Ada orang yang membeli bukan karena kebutuhan. Apa artinya ponsel baru ketika ponsel itu untuk semata-mata dibanggakan," katanya seraya kembali berpesan agar peserta seminar pun menebar kasih kepada siapa pun tanpa melihat latar belakang agama.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil mengapresiasi kehadiran sosok wanita inspiratif Indonesia Anne Avantie yang dinilainya mampu mendorong semangat para pelaku usaha di Jabar.

"Membuat UKM mampu bertahan itu tidak mudah. Tantangan banyak, khususnya terkait persaingan. Di Jabar, kami (Pemerintah Provinsi Jabar) punya banyak program untuk modal, salah satunya Kredit Mesra, pinjaman tanpa bunga tanpa agunan," katanya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2998 seconds (0.1#10.140)