Wabah Virus Corona Tak Ganggu Kerja Sama IPB dengan China

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:01 WIB
Wabah Virus Corona Tak Ganggu Kerja Sama IPB dengan China
Wabah virus Corona yang merebak saat ini tidak mengganggu proses kerja sama yang sudah dan sedang dilakukan antara IPB dan berbagai perguruan tinggi di China. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BOGOR - Wabah virus Corona yang merebak saat ini tidak mengganggu proses kerja sama yang sudah dan sedang dilakukan antara IPB dan berbagai perguruan tinggi di China. (Baca juga; IPB Raih Penghargaan Kampus Informatif 2019 )

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria mengatakan, semua bentuk kerja sama tak terganggu, namun dalam jangka pendek ini kunjungan dibatasi. "Kita menunggu sampai kondisi normal," katanya, Rabu (29/1/2020).

Arif mengakui IPN University punya banyak kerja sama dengan Chiang Mai University. Di Chiang Mai, bidangnya manajemen, Qing Dao bidang food fisheries, Ocean University of China kerja sama bidang kemaritiman. (Baca juga; Antisipasi Corona, Disnaker dan Dinkes Kota Bandung Periksa Kesehatan TKA asal China )

“Kita juga sedang menjajaki dengan Xin Hua dan berbagai perguruan tinggi di China. Namun dengan Wuhan kami tidak ada kerja sama," ujarnya saat ditemui di sela-sela Sidang Paripurna Majelis Wali Amanat IPB di Grha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Dia menambahkan, dengan China ini diproyeksikan kerja sama akan semakin meningkat, seiring dengan kesamaan visi terkait dengan 4.0. "Karena China memiliki kemajuan yang cukup bagus teknologi 4.0, sehingga kami sebenarnya sedang penjajakan terkait dengan smart farming, dengan beberapa lembaga penelitian China," katanya.

Bahkan pihaknya saat ini sedang mengimplementasikan di masyarakat terkiat hasil kerja sama tentang benih-benih unggul yang bisa dijadikan produk ekspor. "Kalau terkait program pertukaran pelajar China dengan IPB, ada. Hanya saya tak tahu persis jumlahnya. Misalnya dengan Chiangmai University, biasanya dulu satu kelas program join degree atau S2 setahun di sana setahun di sini," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8815 seconds (0.1#10.140)