IPB Raih Penghargaan Kampus Informatif 2019

Kamis, 21 November 2019 - 13:33 WIB
IPB Raih Penghargaan Kampus Informatif 2019
Setelah sebelumnya dinobatkan sebagai satu-satunya PTN yang telah masuk klaster Informatif, kini IPB University kembali menerima anugerah yang sama. Foto/Humas IPB
A A A
JAKARTA - Setelah dinobatkan sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang masuk klaster Informatif versi Komisi Informasi Pusat (KIP) untuk penilaian tahun 2018 dengan nilai tertinggi, kini IPB University kembali menerima anugerah yang sama yaitu masuk klaster Informatif.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Kamis (21/11/2019) dan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) Prof Dr KH Ma'ruf Amin kepada Rektor IPB University Prof Arif Satria dalam acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019.

"Tahun ini kami melakukan monitoring dan evaluasi kepada seluruh Badan Publik berjumlah 356 dengan lima indikator yaitu 1) Pengembangan website, 2) Pengumuman informasi publik, 3) Pelayanan informasi publik, 4) Penyediaan informasi publik, dan 5) Presentasi," kata Ketua Komisi Informasi Publik, Gede Narayana.

Tim Monitoring dan Evaluasi KIP, kata Gede Narayana, melakukan verifikasi dan penilaian terhadap pengembangan dan informasi website Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan bobot nilai 30 persen, pengisian kuesioner yang disertai dengan data dukung dengan bobot sebesar 40 persen dan penilaian presentasi sebesar 30 persen.

"Kami menganugerahi Badan Publik dalam lima kategori yaitu Informatif, Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif dan Tidak Informatif, sesuai dengan Petunjuk Umum Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019," ucap Gede Narayana.

Badan Publik yang dinilai meliputi Kementerian (34), Pemerintah Provinsi (34), Perguruan Tinggi Negeri (85), Lembaga Negara Lembaga Pemerintah Non Kementerian (46), Lembaga Non Struktural (38), Badan Usaha Milik Negara (110) dan Partai Politik (9).

Wakil Presiden (Wapres) RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin mengucapkan selamat kepada seluruh penerima anugerah. "Selamat atas capaian terbaiknya. Kita menyadari betapa pentingnya arti informasi. Hak mendapatkan informasi publik dijamin oleh undang-undang sehingga memberikan informasi merupakan kewajiban badan publik," ungkap Ma'ruf.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, tantangan ke depan adalah bagaimana badan publik meningkatkan kualitas konten informasi dan meningkatkan literasi masyarakat. Pemerintah memiliki tanggung jawab mendorong badan publik agar lebih inovatif.
Arif Satria menyatakan rasa syukur karena IPB University kembali masuk dalam kategori perguruan tinggi negeri yang ada di klaster Informatif.

"Semoga prestasi ini semakin menyemangati kita semua untuk terus mewujudkan Good University Governance. Prestasi ini tak lepas dari peran seluruh stakeholders IPB University dalam memberikan pelayanan publik," ujar Arif Satria.

"Khususnya Biro Komunikasi yang selama ini memberikan pelayanan informasi maupun dalam publikasi atau pemberitaan yang luas dan tak henti-henti baik melalui website, media sosial, media massa, media luar ruangan, maupun media internal dan karya-karya lainnya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1269 seconds (0.1#10.140)