Tertimbun Longsor saat Perbaiki Saluran Air, Dua Warga Sumedang Tewas dan Dua Selamat

Senin, 27 Januari 2020 - 11:52 WIB
Tertimbun Longsor saat Perbaiki Saluran Air, Dua Warga Sumedang Tewas dan Dua Selamat
Warga mengevakuasi korban yang tetrimbun longsor saat memperbaiki saluran air di Bukit Gemlung Ukir RT 03 RW 15, Lingkungan Cilipung, Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, tertimbun longsor. Foto/bnpb.go.id
A A A
SUMEDANG - Empat warga yang sedang memperbaiki saluran air di Bukit Gemlung Ukir RT 03 RW 15, Lingkungan Cilipung, Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang , Jawa Barat, tertimbun longsor.

Dua orang ditemukan selamat dan dibawa ke RSUD Sumedang dan dua lainnya meninggal. Dua Korban meninggal dunia atas nama Elan alias Kumis (60) dan Apong (45). Sedangkan korban selamat yang mengalami luka-luka atas nama Uum (50) dan Dani (55).

“Hujan mengguyur wilayah Sumedang mengakibatkan tebing sungai Cipicung longsor dan menimpa empat orang warga yang sedang membetulkan saluran air. Dua korban meninggal dunia dievakuasi masyarakat setempat,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Agus Wibowo, dikutip dari bnpb.go.id.

Agus menuturkan, awalnya empat korban bersama warga mengajak ke tempat kejadian untuk membetulkan saluran air langsung ke pusat mata air daerah Bukit Gemlung Ukir RT 03 RW 15, Lingkungan Cilipung, Pasanggrahan Baru, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Minggu (26/1/2020) sekitar pukul 16.30 WIB.

“Sewaktu membetulkan air, tiba-tiba terjadi longsor dari atas bukit yang langsung menimpa korban dan terbawa hanyut. Pada saat itu, situasi kejadian dalam keadaan hujan. Selain itu kerugian materil akibat longsor, juga menimbun ke areal pesawahan milik warga yang baru ditanam dua minggu,” ujar Agus. (Baca juga; Warga Terdampak Longsor di Sukajaya Bakal Direlokasi )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6117 seconds (0.1#10.140)