alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Imlek, Patung Dewa Dewi dalam Kelenteng Tertua di Indramayu Dibersihkan

Toiskandar
Jelang Imlek, Patung Dewa Dewi dalam Kelenteng Tertua di Indramayu Dibersihkan
Menyambut Hari Raya Imlek 2571, warga Tionghoa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mulai membersihkan Kelenteng An Tjeng Bio, Selasa (21/1/2020) pagi. iNewsTV/Toiskandar

INDRAMAYU - Menyambut Hari Raya Imlek 2571, warga Tionghoa di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mulai membersihkan Kelenteng An Tjeng Bio, Selasa (21/1/2020) pagi. Tradisi ini dilakukan agar pada Tahun Baru Imlek mendapatkan banyak kemakmuran dan sebagai bentuk penghormatan terhadap para dewa.

Suasana kemeriahan Tahun Baru Imlek 2571 sudah mulai dirasakan oleh umat Tionghoa di Kabupaten Indramayu. Warga Tionghoa pantura mulai sibuk membersihkan perangkat persembahyangan di Kelenteng An Tjeng Bio di Jalan Veteran, Kabupaten Indramayu.

Puluhan peralatan sembahyang, seperti meja persajian, patung dewa, guci emas, dan lampion, turut dibersihkan. Berbagai ornamen dengan warna serba merah ini dibersihkan. Semua rangkaian kegiatan ini merupakan sebuah tradisi yang wajib dijalankan warga Tionghoa dan pengurus klenteng setiap kali mendekati perayaan Imlek.



Uniknya tidak hanya warga Tionghoa saja yang membersihkan kelenteng. Masyarakat di sekitar kelenteng pun turut dilibatkan untuk membersihkan perangkat sembahyang di kelenteng tertua di Kabupaten Indramayu ini. sebanyak enam belas patung dewa dan enam patung dewi dibersihkan menggunkan air rendaman kembang melati.

Tradisi membersihkan tempat ibadah ini rutin digelar setiap tahun. Bebersih tempat ibadah ini hanya bisa dilakukan selama tujuh hari berturut – turut sebelum perayaan Imlek.  Biokong atau Juru Kunci Kelenteng An Tjeng Bio, Suryana mengatakan, perayaan Imlek akan dilakukan secara sederhana.

“Kondisi ini disebabkan terbatasnya jumlah warga Tionghoa yang memperingati hari raya Imlek di Kota Indramayu. Meskipun demikian Imlek tahun ini diharapkan akan membawa perubahan bagi umat,” kata Suryana.

Ritual membersihkan dewa ini akan diakhiri pada malam Tahun Baru Imlek. Saat Tahun Baru Imlek tiba dewa – dewa dan perangkat di dalam lingkungan klenteng ini siap dipergunakan untuk kegiatan sembahyang dalam kondisi bersih. (Baca juga; Imlek Membawa Berkah bagi Pemilik Rajawali Dragon Dance)



(wib)

preload video