Bersepeda Banyak Manfaatnya, Jangan Ragu untuk Memulainya

Kamis, 28 November 2019 - 08:20 WIB
Bersepeda Banyak Manfaatnya, Jangan Ragu untuk Memulainya
Ario Pratomo dari Jakarta Cycling Community (JKTCC). Foto/SINDOnews/Dzikry Subhanie
A A A
JAKARTA - Sebagian orang mungkin ragu menjalani olahraga sepeda dengan alasan tidak punya sepeda atau sepeda yang dimiliki kurang bagus. Namun, jika tahu manfaat bersepeda, keraguan itu bisa pupus.

Selain menyehatkan dan mengurangi polusi, manfaat lain dari bersepeda adalah bisa kenalan dan berkumpul dengan pesepeda lain yang ujung-ujungnya bisa membentuk komunitas, kemudian kenalan dengan komunitas lain.

"Mulai aja dulu dengan sepeda yang bugdetnya pas dengan yang ada. Harga sepeda atau jenis sepeda tidak membatasi performance," kata Ario Pratomo dari Jakarta Cycling Community (JKTCC) di sela acara Press Conference Jelang Velofest di Kuningan City, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Bagi para pemula dalam hal bersepeda, kata Ario, sesungguhnya tidak ada batasan berapa kilometer jarak yang ditempuh. "Sekuatnya, nggak ada rumusan. Pemula juga kan ada yang umur 25, 35, 45-an. Background-nya juga nggak sama, ada yang main bola aktif, ada yang nggak ngapa-ngapain. Kalau mau sepedaan, kuatnya 5 km, 10 km, atau 1 kilometer nggak apa-apa, sekuatnya saja," ujarnya.

Ario pun mengungkapkan manfaat yang telah dia dan teman komunitasnya rasakan selama menjalani olahraga sepeda. Antara lain, mengurangi risiko penyakit jantung. "Badan lebih fit, bakar lemak, makan bisa lebih enjoy, kita berpikir juga lebih jernih." (Baca Juga: Komunitas Pesepeda Bakal Kumpul di Kuningan City).

Dia pun berharap, jika pemerintah benar-benar mendukung bike to work semestinya jalur sepeda yang ada dibuat rata atau tidak bergelombang. Jalur sepeda yang ada di Jakarta, menurutnya, belum sepenuhnya memadai. "Digarap yang benar, jalurnya cukup besar, rata, tidak ada gelombang, Selama itu belum terwujud mau tidak mau kita harus share dengan pengendara lain (motor dan mobil)."

Di negara-negara maju, kata Ario, hampir semua masyarakatnya menggunakan sepeda untuk aktivitas sehari-hari. "Memang iklimnya berbeda, tapi kita bisa siasati," ujar Ario yang berencana bikin event sepedaan Jakarta-Sukabumi. (Baca Juga: 6 Hal Ini Akan Anda Lihat saat Kunjungi Tokyo).
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6952 seconds (0.1#10.140)