alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Musik Lintas Generasi, Anak 13 Tahun Ini Kolaborasi dengan /rif

Arif Budianto
Musik Lintas Generasi, Anak 13 Tahun Ini Kolaborasi dengan /rif
Salsa Bilbo kolaborasi dengan /rif meluncurkan dua single, Laskar Garuda dan Gak Usah Takut. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Menikmati musik hasil kolaborasi lintas generasi memang mendebarkan. Bukan hanya karena bentuk musik seperti apa yang bakal dilantunkan, tetapi juga soal kecakapan dalam bermusik dan olah vokal.

Tetapi, rasa penasaran itu bisa dijawab oleh remaja 13 tahun, Salsa Bilbo yang berhasil kolaborasi dengan beberapa personel grup band /rif, yaitu Magi /rif sebagai penggebuk drums, dan Teddy /rif sebagai pemetik bass. Juga produser musik sekaligus pencipta lagu Opit Bey sebagai gitaris.

Kolaborasi Salsa Bilbo dengan musisi kawakan berhasil menciptakan sebuah lagu bertema semangat "Laskar Garuda". Sebuah lagu yang dibuat dengan beat cepat untuk membangkitkan semangat bagi generasi muda atau para atlet.



"Saya senang bisa berkolaborasi untuk lagu ini bersama mereka, apalagi saya bisa berekspresi berdasarkan karakter suara saya," kata Salsa yang saat ini masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

Ya, lagu "Laskar Garuda" merupakan sebuah kolaborasi antara Salsa dengan salah satu drummer senior dari band papan atas di Indonesia, yaitu Magi dari /rif Band. Kolaborasi ini menghasilkan lagu yang enak didengar dan menggugah semangat.

"Harapannya lagu "Laskar Garuda" ini bisa menjadi spirit positif untuk siapapun yang mendengarnya. Ini kami persembahkan untuk Indonesia," ujar dia.

Munculnya lagu ini, berawal dari ide Opit Bey sang pencipta lagu sekaligus produser musik "Laskar Garuda" yang ingin membuat kolaborasi lintas genre dan usia. Sang vokalis jatuh kepada Salsa, melihat bakat dan kemampuan vokalnya yang memadai.

"Lagu ini saya percayakan kepada Salsa karena keunikan suaranya. Walaupun agak berat dan dewasa, tapi dia mampu membawakannya. Itu karena karakter suaranya, dan saya yakin suara unik itu bisa menemukan pasarnya sendiri," kata Opit.

Menurut dia, sebuah tantangan besar membuat kolaborasi musik dengan genre dan usia yang jauh berbeda. Mengingat saat ini Salsa adalah seorang soloist muda yang berbakat dan baru berumur 13 tahun.

Sementara makna dari “Laskar Garuda” adalah lagu yang sarat dengan spirit berkarya dan berjuang untuk Indonesia tanpa memandang usia dan golongan apapun. Reaksi semangat akan muncul ketika mendengarkan lagu ini. Pukulan drum Magi yang agresif dan vocal Salsa yang unik, berbalut dalam satu musik yang harmonis dengan nuansa kental warna music rock yang fresh dan elegan.

Sementara itu, Magi /rif mengaku senang dengan kolaborasi ini. Apalagi lirik "Laskar Garuda" sangat nasionalisme. Lagu ini bisa menjadi penyemangat, misalnya bagi atlet agar bisa maju ke lintas dunia.



(awd)