Menko Polhukam Sesalkan Demonstrasi di Papua Timbulkan Korban Jiwa

Kamis, 29 Agustus 2019 - 16:04 WIB
Menko Polhukam Sesalkan Demonstrasi di Papua Timbulkan Korban Jiwa
Menko Polhukam Wiranto. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyesalkan demonstrasi di depan Halaman Kantor Bupati Deiyai, Papua, pada Rabu, 28 Agustus 2019 yang berujung pada bentrok antara massa dengan aparat keamanan. Apalagi, bentrokan tersebut menimbulkan korban dari kalangan masyarakat, aparat Polri dan TNI.

"Memang dengan jatuhnya korban dalam demonstrasi kita menyesalkan ya, saya kira seluruh masyarakat menyesalkan ada demonstrasi sampai jatuh korban," ujar Wiranto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Wiranto membeberkan, korban dari TNI sebanyak tiga orang. Satu dari tiga anggota TNI itu tewas terkena panah, yakni Serda Rikson. "Sedangkan dari aparat kepolisian ada empat orang yang luka-luka," kata mantan Panglima ABRI ini.

Selain itu, kata Wiranto, seorang warga Papua juga tewas. "Karena kena panah dan senjata-senjata dari masyarakat sendiri. Nah ini tentunya kita sesalkan dan harus kita hindari kenapa demonstrasi seperti itu brutal sampai jatuh korban," katanya.

Dia mengatakan, sebenarnya tidak perlu khawatir jika demonstrasi dilakukan sesuai aturan main. Adapun demonstrasi di depan Halaman Kantor Bupati Deiyai, Papua kemarin digelar sebagai protes terhadap dugaan rasialis saat pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya, Jawa Timur beberapa hari lalu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6375 seconds (0.1#10.140)