alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Karawang Restui Pemekaran Cikampek Tapi Terkendala Anggaran

Nilakusuma
Pemkab Karawang Restui Pemekaran Cikampek Tapi Terkendala Anggaran
Bupati Karawang Cellica Nurachadiana. Foto/SINDONews/Dok

KARAWANG - Pemkab Karawang bakal memberi restu rencana pemekaran Cikampek dari Kabupaten Karawang menjadi daerah otonomi baru (DOB).

Namun rencana tersebut belum dapat direalisasikan dalam waktu dekat karena pertimbangan anggaran. Kendati begitu Pemkab Karawang siap memfasilitasi pembentukan Kota Cikampek.

"Kalau masyarakat Cikampek dan sekitarnya siap untuk pemekaran, Pemkab Karawang tidak bisa menahan. Namun perlu dipikirkan kembali apakah nanti daerah otonomi baru itu menjadi lebih baik atau sebaliknya. Jangan sampai setelah jadi, terbentuk, malah menjadi beban pemerintah, itu yang perlu dipikirkan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Karawang Acep Jamhuri, Rabu (28/8/2019).



Menurut Acep, meski mengaku siap melepaskan Cikampek dari Karawang, Acep mengatakan, perlu persiapan matang mewujudkan itu. Pemkab Karawang sendiri mengaku belum bisa dalam waktu dekat mewujudkan berdirinya Kota Cikampek.

"Itu membutuhkan waktu, tidak akan secepatnya dilakukan (pemekaran). Apalagi itu membutuhkan biaya besar, sementara kita masih kesulitan soal anggaran," ujar dia.

Acep menuturkan, Pemkab Karawang saat ini masih fokus untuk menyelesaikan program pembangunan yang tengah berjalan. Untuk itu, rencana pemekaran Cikampek baru akan dibahas lagi kemudian hari.

"Kami sekarang sedang sibuk untuk mendongkark PAD. Semua tahu kalau kita (Pemkab Karawang) ada masalah dengan anggaran. Untuk itu, kami pastikan soal pemekaran Cikampek belum bisa dilakuakan dalam waktu dekat," tutur Acep.

Sementara itu pemerhati pemerintahan Karawang Nace Permana mengatakan, memang sudah saatnya dilakukan pemekaran wilayah karena Karawang semakin hari semakin padat.

Namun begitu, Nace mengatakan tokoh masyarakat Cikampek sudah harus mempersiapkan diri berpisah dari Karawang. "Ada persyaratan khusus untuk pemekaran. Nah pertanyaan saya apakah itu sudah memenuhi persyaratan. Terus bagaimana dengan pemerintahan induk (Kabupaten Karawang)? Apakah sudah siap untuk menanggung konsekuaensinya?" kata Nace.

Menurut Nace, isu pemekaran Cikampek sebenarnya sudah lama digaungkan oleh masyarakat wilayah itu. Dia mengapresiasi jika Pemkab Karawang merestui pembentukan Kota Cikampek.

"Kalau pemerintah sudah merestui sudah gampang itu, tinggal bagaimana kesiapan masyarakat Cikampek sendiri. Saya hanya ingatkan pemekaran Cikampek tentu ada konsekuinsi yang harus ditanggung semua, termasuk masyarakat Cikampek," tandas dia.



(awd)