BPBD Hitung Total Kerugian Kebakaran Gunung Ciremai

Selasa, 27 Agustus 2019 - 23:47 WIB
BPBD Hitung Total Kerugian Kebakaran Gunung Ciremai
Puluhan hektare lahan di Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Selasa sore (18/9/2018) terbakar. Foto: iNews TV/Toiskandar
A A A
MAJALENGKA - Kebakaran yang terjadi di puncak Gunung Ciremai telah padam, pekan lalu. Namun, musibah itu mengakibatkan kerugian yang diperkirakan cukup besar.

Sejumlah flora dan fauna dipastikan mati setelah gagal menyelamatkan diri dari kobaran api. Namun, hingga saat ini, kerugian yang diderita akibat musibah itu belum dapat dipastikan.

Untuk memastikan kerugian, dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka akan melakukan pengecekan ke lapangan.

"Sekarang sudah benar-benar pasam. Dalam waktu dekat, kami akan naik bersama tim dari TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) untuk memastikan kerugian, kami hitung kerugian akibat kebakaran hutan lebih detail lagi," kata Kepala Pelaksana BOBD Kabupaten Majalengka Agus Permana, Selasa (27/8/2019).

Dijelaskan dia, kendati belum ada angka pasti, tetapi tumbuh-tumbuhan di Gunung Ciremai, termasuk bunga Edelweiss dipastikan ikut terbakar. Begitu juga dengan hewan-hewan yang tak mampu menyelamatkan diri.

"Untuk tanaman, Edelweiss dipastikan terbakar. Begitu juga dengan hewan, seperti babi hutan dan lainnya," jelas dia.

"Sejatinya setelah padam, tanggung jawab kami sudah selesai dan dikembalikan ke TNGC. Tim sendiri menambah sekat kebakaran berupa parit untuk mencegah musibah yang lebih besar lagi," katanya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.1789 seconds (0.1#10.140)