Wagub Jabar Beri Kuliah Umum kepada Mahasiswa Baru UPI

Selasa, 27 Agustus 2019 - 18:02 WIB
Wagub Jabar Beri Kuliah Umum kepada Mahasiswa Baru UPI
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa baru UPI, Selasa (27/8/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum memberikan kuliah umum kepada ribuan mahasiswa baru Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (Mokaku) di Gedung Gymnasium Kampus UPI, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Selasa (27/8/2019).

Dalam kesempatan itu, Uu memaparkan kuliah umum bertema "Pembangunan Manusia Unggul Jawa Barat". Dalam paparannya, Uu meminta mahasiswa untuk menyiapkan mental dalam menghadapi perkuliahan dan dunia kampus. Disebutkan Uu, ada tiga ruang lingkup permasalahan generasi muda saat ini.

"Siapkan mental untuk mahasiswa hari ini. Permasalahan yang melingkupi mahasiswa hari ini adalah lingkungan, dekadensi moral, dan akhlak," kata Uu.

Uu juga mengatakan, selain kompetensi dalam bidang tertentu, manusia unggul di Jabar harus memiliki integritas dan moral yang baik. "Karena kesuksesan seseorang tidak hanya dilihat dari kepintaran saja, namun moral dan akhlak yang menjadi pokok," katanya.

Karena itu, Uu meminta generasi muda saat ini memiliki integritas moral, keahlian, dan disiplin yang tinggi. Terlebih, era digital menuntut kita untuk memiliki beragam keahlian, agar bisa beradaptasi dengan kemajuan zaman dan daya saing global.

Lebih jauh Uu menuturkan bahwa pada 2045 nanti, Indonesia diprediksi menjadi negara maju dan adidaya. Namun, kata Uu, semua itu baru bisa terwujud apabila Indonesia mampu memenuhi tiga syarat.

"Pertama, Indonesia harus aman dan damai, apalagi dalam proses pergantian kepemimpinan atau demokrasi," ucapnya.
Kemudian, ekonomi maju apabila peningkatan ekonomi berada di angka 5persen. Syarat ketiga, yaitu pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing bisa terwujud," paparnya.

Rektor UPI Asep Kadarohman mengatakan, tahun ini, UPI masuk ke dalam jajaran 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan peminat terbanyak di Indonesia. UPI menempati posisi keempat dengan jumlah peminat sebanyak 48.231 orang.

Sementara, jumlah total mahasiswa baru yang diterima UPI di 2019 berjumlah 10.158 orang mahasiswa, terdiri dari program D-III (283 orang), S-1 (8.483), S-2 (1.064), dan S-3 (328).

Kegiatan Mokaku merupakan bagian integral dalam proses pendidikan di UPI. Asep menjelaskan bahwa Mokaku bertujuan memperkuat fondasi, agar mahasiswa UPI memiliki jiwa kebangsaan dan semangat belajar.

"Kegiatan Mokaku ini bertujuan untuk menanamkan landasan pemahaman tentang ke-UPI-an, yang secara bersamaan memperkuat fondasi agar mahasiswa baru UPI memiliki jiwa kebangsaan yang kuat dan semangat belajar yang hebat dalam menggapai prestasi sesuai bidang masing-masing," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2005 seconds (0.1#10.140)