alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PDAM Tirta Tarum Berikan Air Bersih Gratis untuk Masyarakat Karawang

Nila Kusuma
PDAM Tirta Tarum Berikan Air Bersih Gratis untuk Masyarakat Karawang
Direksi PDAM Tirta Tarum menjelaskan pemberian air bersih gratis untuk masyarakat karawang yang menjadi korban kekeringan. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma

KARAWANG - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tarum Karawang mengaku menyiapkan persediaan air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan akibat kemarau panjang. Air bersih yang dibagikan kepada warga yang dilanda kekeringan itu diberikan secara gratis.

Setiap hari PDAM Tirta Tarum mengirimkan air bersih sedikitnya 5.000 hingga 10 ribu liter ke setiap kecamatan. "Ini merupakan masalah bencana dan bentuk kepedulian PDAM memberikan air bersih secara gratis kepada masyarakat. Kita siapkan mobil tangki khusus untuk memberikan air bersih, bahkan kalau memang dibutuhkan kita menggunakan water canon kepolisian untuk mendistribusikan air bersih. Masyarakat yang membutuhkan air bersih bisa mengajukan permohonan melalui desa kemudian ditujukan kepada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), pasti akan kita kirim," kata Direktur Utama PDAM Tirta Tarum M Sholeh seusai acara Satu Tahun Kinerja Direksi PDAM, Selasa (27/8/2019).

Menurut Sholeh, pembagian air bersih berdasarkan permintaan BPBD atas desa-desa yang mengalami kekeringan. Sebagai perusahaan daerah, PDAM berkewajiban membantu masyarakat Karawang yang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih. "Kami punya tanggung jawab sosial untuk membantu masyarakat. Apalagi ini mengenai kebutuhan air bersih yang biasa diproduksi PDAM, tentunya kita harus membantunya," ujarnya.



Sholeh mengatakan, pemberian air bersih akan terus dilakukan hingga puncak musim kemarau tiba. Persediaan air bersih untuk masyarakat dinilai cukup hingga musim kemarau berakhir. "Setiap hari kita kirim satu hingga dua tangki air bersih untuk masyarakat berdasarkan permintaan BPBD. Satu unit mobil tangki kami sealalu standby untuk mendistribusikan air bersih ke masyarakat," katanya.



(zik)