Buku Manasik Haji Indonesia Bakal Disempurnakan

Selasa, 27 Agustus 2019 - 08:20 WIB
Buku Manasik Haji Indonesia Bakal Disempurnakan
Amirul Hajj Lukman Hakim Saifuddin berdialog dengan jamaah haji kloter 65 Embarkasi Solo (SOC) di maktab 75 Arafah, beberapa waktu lalu. Foto/Abdul Malik Mubarok
A A A
MAKKAH - Kementerian Agama (Kemenag) mulai menggali ide untuk menyempurnakan buku panduan manasik haji Indonesia. Langkah ini dilakukan karena 2020 telah dicanangkan menjadi tahun peningkatan kualitas ibadah haji.

Penggalian ide dilakukan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama M Nur Kholis Setiawan dengan berdiskusi dengan sejumlah konsultan dan pembimbing ibadah haji selama berkunjung ke Kota Makkah.

"Ini bagian dari shopping of ideas. Saya sebagai Sekretaris Jenderal lebih memposisikan diri sebagai orang yang sedang menggali informasi, realitas-realitas di lapangan," kata Nur Kholis, Senin (26/8/2019).

Menurutnya, sebagian besar para konsultan dan pembimbing ibadah memiliki latar belakang akademisi dan pemikir keislaman. Sehingga diskusinya banyak terkait keislaman yang dilandasi oleh realitas-realitas penyelenggaraan ibadah haji.

Misalnya soal manasik melempar jamarat. Fakta di lapangan, banyak jamaah ingin memilih afdhaliyat, yakni setelah zuhur, dan tidak memerhatikan tingkat kesulitan atau masyaqatnya.

"Bahasan tentang pentingnya mengedepankan maslahah atas masyaqqah dalam ibadah perlu ada di buku manasik sehingga bisa menjadi pegangan jamaah," ujarnya.

Nur Kholis berharap pengalaman empirik yang dimiliki para konsultan ibadah, ke depan akan terwujud buku manasik haji yang lebih komprehensif. "Ini sebagai tahap awal untuk mengidentifikasi. Nanti akan diperdalam di Tanah Air, sehingga bisa diinventarisir bagian-bagian mana saja dalam buku manasik yang perlu disempurnakan agar bisa menjadi panduan yang lebih komprehensif," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9798 seconds (0.1#10.140)