Ditanya Soal Anggaran Pelantikan DPRD KBB di Hotel, Sekwan Bungkam

Senin, 26 Agustus 2019 - 21:30 WIB
Ditanya Soal Anggaran Pelantikan DPRD KBB di Hotel, Sekwan Bungkam
Sekwan KBB Rony Rudyana. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) periode 2019-2024 yang dilakukan di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, mendapatkan komentar miring dari warga.

Pasalnya anggaran yang dikeluarkan untuk pelantikan itu diperkirakan lebih dari Rp100 juta. Apalagi 50 anggota DPRD KBB terpilih juga menginap satu malam di hotel bintang lima tersebut.

Mengenai anggaran yang dikeluarkan untuk pelantikan yang digelar di hotel bintang lima ini, Sekretaris Dewan (Sekwan) KBB Rony Rudyana enggan menyebutkan secara detail berapa biaya yang dikeluarkan.

Namun dirinya mengakui jika 50 anggota DPRD KBB terpilih mendapatkan jatah menginap semalam di Mason Pine Hotel. Berdasarkan penelusuran harga kamar termurah di hotel ini semalam minimal Rp800.000.

"Satu orang anggota DPRD terpilih dapat jatah lima undangan untuk keluarga. Namun yang menginap di hotel ini jatahnya hanya bagi anggota dewan saja, keluarga tidak ada jatah," kata Rony.

Dia mengemukakan, kamar yang disewa adalah yang paling murah, karena para anggota DPRD terpilih harus menjalani gladi bersih pelantikan pada Minggu (25/8/2019) malam pukul 20.00 WIB.

Didesak soal besarnya anggaran yang dipakai, Rony menyebut bahwa ini adalah paripurna istimewa dan digelar di hotel karena tempatnya memadai. Sama seperti saat pelaksanaan paripurna istimewa pidato kenegaraan atau Hari Jadi KBB.

"Soal anggaran saya belum dapat laporan, karena itu bicara angka maka saya tidak mau ngarang-ngarang, harus pasti," timpalnya.

Salah seorang warga yang datang ke lokasi pelantikan, Dadang Nurdiansah (49) memperkirakan jika anggaran untuk pelantikan anggota DPRD KBB di hotel berbintang sekelas Mason Pine tidak akan kurang dari Rp150 juta.

Apalagi ditambah dengan disiapkannya kamar untuk menginap para anggota DPRD terpilih selama satu malam. Kondisi ini dinilai sebuah pemborosan terlebih APBD KBB tahun ini sedang mengalami defisit.

"Sayang aja kalau uang ratusan juta habis dalam sehari. Padahal kan bisa saja memilih hotel yang lebih murah, atau memakai ballroom di kompleks pemda sehingga bisa menghemat anggaran. Masih banyak hal-hal lain yang lebih penting untuk diperhatikan di masyarakat," ucapnya.

Seperti diketahui pelantikan yang dilakukan di hotel berbintang ini mendapatkan beragam reaksi dari warga. Mengingat jika melihat ke daerah tetangga seperti Kota Cimahi, pelantikan para wakil rakyatnya hanya dilakukan di Kantor DPRD di Alun-alun Kota Cimahi.

Tanpa mengurangi kesakralan dan esensi acara, pelantikan itu diyakini tidak akan menguras anggaran di sekretariat dewan yang sangat besar. Warga KBB justru memuji langkah Bupati KBB, Aa Umbara Sutisna yang kerap melantik pejabat SKPD di lapang upacara, Plasa Mekarsari, Kompleks Pemda, sehingga bisa ada efesiensi anggaran.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0983 seconds (0.1#10.140)