Kondisi Briptu Yudi Muslim Membaik Pascaoperasi

Senin, 26 Agustus 2019 - 16:53 WIB
Kondisi Briptu Yudi Muslim Membaik Pascaoperasi
Dokter ahli bedah Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Hardisiswo Soedjana menjelaskan kondisi Briptu Yudi Muslim. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Pascaoperasi penambalan luka bakar, kondisi Briptu Yudi Muslim, polisi yang terbakar saat mengawal dan mengamankan unjuk rasa mahasiswa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mulai membaik. Namun, belum semua luka bakar di tangan kanan yang ditambal menggunakan kulit paha kanan korban pulih 100%.

Dokter ahli bedah Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung Hardisiswo Soedjana mengatakan, kondisi luka bakar Briptu Yudi Muslim baru 80 persen yang membaik.

Tim dokter, kata Hardisiswo, telah membuka perban untuk mengecek kondisi luka bakar korban. "Tadi dibuka balutannya, dicek. Skin graft di tangan kanan itu hampir 100 persen," kata Hardisiswo di RSHS Bandung, Kota Bandung, Senin (26/8/2019).

Dia berharap skin graft pada luka bakar yang diderita Bripda Yudi dapat merembet atau tumbuh sehingga menutupi luka bakar lain yang sudah dibersihkan sebelumnya. Meski begitu, pasien untuk sementara tidak dapat melakukan aktivitas berlebih karena kondisi lukanya belum 100 sembuh. "Luka bakar di tangan kanan itu baru 75 persen membaik," ujar dia.

Hardisiswo menuturkan, melihat kondisi Briptu Yudi Muslim saat ini, dimungkinkan bisa pulang lebih cepat dan melakukan fisioterapi di rumah. "Kalau baik keadannya mungkin Rabu atau Jumat bisa dipulangkan, sambil fisioterapi di rumah dan kontrol mungkin 3-4 kali dalam sepekan," tuturnya.

Diketahui, Briptu Yudi Muslin menjalani operasi pengangkatan jaringan sel kulit mati akibat terbakar pada Kamis 22 Agustus 2019 lalu. Selanjutnya, tim dokter menambal jaringan kulit tersebut dengan kulit dari paha kanan pasien. Operasi pengangkatan dan penambalan berlangsung selama tiga jam dari pukul 12.30 hingga 15.30 WIB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8181 seconds (0.1#10.140)