alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemkab Karawang Optimistis Target PAD Tercapai

Nila Kusuma
Pemkab Karawang Optimistis Target PAD Tercapai
Kantor Pemkab Karawang. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma

KARAWANG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Karawang menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar mencapai target diĀ  tahun 2019 ini. Hingga Agustus ini capaian perolehan pajak baru mencapai Rp614,3 miliar atau sekitar 43,43 persen dari target Rp1,4 triliun.

Kendati PAD baru mencapai 43% akhir September tahun ini akan terjadi penambahan dari sektor PBB yang jatuh tempo 30 September. "Ada 11 jenis pajak daerah yang kita pungut hingga Agustus ini baru mencapai 43% dari target pendapatan kita. Namun saya optimistis target itu akan terpenuhi sesuai dengan perencanaan yang kita lakukan. Saat ini saja masih terus terjadi penambahan pendapatan, namun data resminya saya belum mendapat laporan. Tapi yang pasti saat waktunya nanti semua akan tercapai," kata Sekretaris Bapenda Karawang Akhmad Mustopa, Jumat (23/8/2019).

Menurut Akhmad Mustopa atau biasa dipanggil Opa, beberapa pos pendapatan memang baru akan masuk sekitar akhir September dan Oktober tahun ini. "Seperti untuk pajak PBB misalnya jatuh temponya kan akhir September ini, jadi kita tunggu saja. Begitu juga dengan jenis pajak lainnya setiap harinya selalu ada penambahan," ujarnya.



Opa mengatakan saat ini pihaknya sedang menyusun metode penghitungan pajak daerah yang akan menjadi dasar penentuan terget setiap jenis pendapatan. Hal ini dimaksudkan agar bisa mengukur target pendapatan ideal sebenarnya dari setiap jenis pajak.

"Dengan metode ini nantinya kita bisa mengukur tingkat kemampuan kita dalam menentukanĀ  target pendapatan. Kita harapkan akhir tahun ini bisa selesai jadi tahun tahun 2020 bisa kita laksanakan," katanya.



(zik)