alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Keberadaan THL Bebani APBD Kabupaten Purwakarta

Asep Supiandi
Keberadaan THL Bebani APBD Kabupaten Purwakarta
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Foto/Istimewa

PURWAKARTA - Ribuan tenaga harian lepas (THL) yang terdapat di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) ternyata cukup membebani APBD Purwakarta. Belanja pegawai menjadi membengkak dengan keberadaan THL ini.

Menurut Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, tahun lalu saja beban APBD untuk THL mencapai Rp72 miliar. Baginya, sangat sulit memangkas anggaran itu  karena acapkali dirinya menjadi sasaran demo para THL.
                
"Tahun lalu saya berusaha mengurangi beban THL sebesar Rp4 miliar. Namun apa yang terjadi, bupati yang didemo. Sehingga sangat sulit bagi kami untuk mengurangi anggaran itu," ungkap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat acara gempungan di Kantor Desa Cijunti, Kecamatan Campaka, Kamis (22/8/2019).

Pada APBD tahun ini, terang dia, perbandingan antara belanja pegawai dengan belanja langsung masih cukup jomplang. Bahkan, belanja pegawai mencapai 63%, yang  artinya melebihi batas maksimal untuk pos alokasi tersebut. Sisanya 37% untuk belanja publik yang alokasinya unuk pelayanan, pembangunan, dan hal lainnya.



Di bagian lain, Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Purwakarta Ai Saidah mengungkapkan, jumlah THL yang ada saat ini sekitar 2.000 lebih. Mereka tersebar di sejumlah OPD. "Ada beberapa instansi yang jumlah THL-nya cukup banyak."



(zik)

loading...