Ruang Laktasi di Kota Cimahi Masih Minim

Kamis, 22 Agustus 2019 - 15:04 WIB
Ruang Laktasi di Kota Cimahi Masih Minim
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Cimahi Lucyani M Priatna saat sidak ke Pasar Atas Baru. Dia menyoroti belum adanya ruang laktasi bagi kaum ibu di berbagai ruang publik yang ada di Kota Cimahi, Kamis (22/8/2019). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Fasilitas publik khususnya bagi kaum perempuan dan menyusui di tempat-tempat keramaian seperti pasar di Kota Cimahi belum tersedia secara layak. Hal tersebut yang menjadi perhatian dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Cimahi Lucyani M. Priatna saat melakukan sidak ke Pasar Atas Baru (PAB) Cimahi di Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Kamis (22/8/2019).

"Yang datang ke pasar kan kebanyakan ibu-ibu dan kadang membawa anak (balita), jadi kurang etis kalau belanja sambil menyusui. Makanya harus ada ruang laktasi bagi ibu menyusui supaya kaum perempuan khususnya ibu-ibu yang menyusui nyaman," ucapnya kepada wartawan.

Lucy yang merupakan istri Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna meminta pengelola PAB dan Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind) segera membuat ruang laktasi. Ruang laktasi tersebut mesti ditempatkan di titik yang mudah dijangkau, namun tetap terlindungi, privasi, dan nyaman. "Harus nyaman dan bersih karena itu kan peruntukannya untuk anak bayi. Bisa sebagai tempat istirahat ibu yang bawa anak juga," ujarnya.

Dia mengakui, di Kota Cimahi belum banyak ruang publik yang menyediakan ruang laktasi. Padahal, keberadaannya sangat penting untuk ibu menyusui. Sejauh ini ruang tersebut baru ada di kompleks perkantoran Pemkot Cimahi dan itu juga masih perlu ditingkatkan lagi kualitasnya. Sehingga, ini harus menjadi perhatian para pengelola bisnis dan ruang publik di Kota Cimahi.

Terkait dengan kebersihan pasar, dia juga meminta agar pedagang dan pengelola pasar lebih rajin melakukan pembersihan sebab berkaitan dengan kenyamanan pengunjung. Apalagi, PAB Cimahi adalah pasar yang baru dipergunakan, bangunannya baru, dan merupakan pasar semi modern, jadi kebersihannya mesti terjaga agar membuat nyaman pedagang dan konsumen.

"Kebersihan juga harus dijaga, seperti di pasar ini fasilitas sudah banyak, tinggal dimanfaatkan dan dijaga oleh pihak pengelola dan pedagang itu sendiri," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7627 seconds (0.1#10.140)