Dedi Mulyadi: Warga Papua Punya Spirit Berkawan yang Tinggi

Rabu, 21 Agustus 2019 - 22:24 WIB
Dedi Mulyadi: Warga Papua Punya Spirit Berkawan yang Tinggi
Politisi Golkar Dedi Mulyadi berfoto bersama dengan anak-anak Papua yang tinggal di Purwakarta. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Politisi Partai Golkar yang juga mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sedih mendengar kabar konflik yang belakangan terjadi dan melibatkan warga Papua. Padahal, menurutnya, warga Papua terkenal memiliki jiwa solidaritas dan berkawan yang tinggi.

Dedi yang juga anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024 itu mengaku, memiliki kesan tersendiri dengan Tanah Papua. Bahkan, Dedi pun mengaku sangat dekat dengan anak-anak Papua yang tinggal di Purwakarta.

"Saya secara personal itu saya dekat dengan anak Papua. Mereka saya sekolahin di Purwakarta sampai sekarang ada yang sudah masuk timnas (sepak bola) pelajar," ungkap Dedi dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Rabu (21/8/2019).

Selain menyekolahkan, Dedi yang juga menjabat Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu mengaku kerap memberikan bantuan ketika anak-anak Papua di Purwakarta pulang ke tanah kelahirannya.

"Kalau Natalan, tiket pulang bolak-balik kita beliin. Kita kasih juga uang buat orang tuanya, buat bekalnya. Jadi saya sama orang Papua sudah kayak saudara," katanya.

Dedi mengaku sedih mendengar konflik yang belakangan terjadi dan melibatkan warga Papua. Bahkan, Dedi mengaku sempat terpikir untuk pergi ke Papua bersama anak-anak Papua binaannya di Purwakarta.

"Saya punya keinginan untuk berangkat ke sana, ajakin anak-anak Papua di Purwakarta buat ngeliatin, saya ceritain, kalau mereka di Purwakarta enggak ada problem," tuturnya.

Oleh karenanya, Dedi berharap, masyarakat Indonesia tidak lagi memandang warga Papua sebagai orang asing dan harus menganggap mereka sebagai saudara.

"Jangan punya kecurigaan kepada mereka, jangan punya tuduhan apapun kepada mereka. Mereka saudara kita," ucap Dedi.

Berdasarkan pengalamannya, lanjut Dedi, anak-anak Papua memiliki jiwa berkawan dan solidaritas yang terbilang tinggi.

"Teman-teman Papua punya spirit berkawan tinggi, tapi memang style-nya anak-anak Papua modelnya seperti itu. Buat yang belum tahu, enggak dekat, pasti salah pemahamannya," terangnya.

Selain menjalin hubungan baik dengan anak-anak Papua, Dedi mengaku sangat takjub dengan tanah Papua. Saking takjubnya dengan bumi Cenderawasih, sekitar tiga tahun lalu dia sempat membuat sebuah lagu berjudul "Surga di Tanah Papua".

"Saya pernah bikin lagu tentang Papua, judulnya Surga di Tanah Papua. Inspirasinya saya pergi ke Papua, kok Papua ini indah banget, subur banget, akhirnya saya tulis saja lagu ini. Nulisnya waktu itu bangun pagi dari hotel, melihat gunung-gunung yang keren," katanya.

Lagu tersebut kemudian dinyanyikan di depan tokoh-tokoh adat Papua, termasuk Wali Kota Jayapura hingga mendapatkan apresiasi.

"Waktu itu saya dikasih uang Rp50 juta oleh Wali Kota Jayapura karena buat lagu "Surga di Tanah Papua". Kemudian, saya nyanyikan di tempat tokoh-tokoh adat. Sangat berkesan karena mereka pada nangis ketika dinyanyikan," tandasnya.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.2812 seconds (0.1#10.140)