Banser Diinstruksikan Silaturahmi ke Asrama Papua

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:48 WIB
Banser Diinstruksikan Silaturahmi ke Asrama Papua
Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas saat bersama personel Bansor. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
BALI - Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan anggota Barisan Anggota Serbaguna (Banser) bersilaturahmi ke asrama mahasiswa Papua di berbagai daerah. Yaqut juga meminta anggota Banser membantu melakukan pengamanan di setiap asrama mahasiswa Papua.

Langkah tersebut diambil untuk menjawab keinginan Gubernur Papua agar Banser melindungi asrama mahasiswa setelah adanya insiden persekusi di sejumlah daerah yang memicu kerusuhan.

"Hari ini saya perintahkan Banser bersilaturahmi ke asrama. kalau perlu juga membantu pengamanan," ujar pria yang biasa disapa Gus Yaqut ini di sela Muktamar V Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8/2019).

Dia menandaskan, kekisruhan di Papua harus diredam bersama oleh semua orang yang mencintai Indonesia. Jika tidak, sambung dia, kondisi tersebut akan menggelinding dan bisa menimbulkan disintegrasi.

Gus Yaqut mencurigai ada pihak yang mendesain terjadinya kerusuhan. Sebab peristiwa tersebut terjadi secara serentak. "Kami sedang menyelidiki ada apa di balik itu," tandasnya.

Dia lantas menuturkan pihaknya juga didorong-dorong untuk turun ke Papua, tapi pihaknya tegas menolak. "Kami mempunyai jalan berbeda," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7400 seconds (0.1#10.140)