Seharian Ini Sukabumi Diguncang Gempa 2 Kali

Rabu, 21 Agustus 2019 - 12:30 WIB
Seharian Ini Sukabumi Diguncang Gempa 2 Kali
Sumber: BMKG
A A A
BANDUNG - Hingga siang ini, wilayah Sukabumi, Jawa Barat telah diguncang gempa dua kali. Kendati dengan amplitudo rendah, intensitasnya cenderung terus-menerus.

Gempa pertama terjadi pada pukul 03.06.16 WIB berkekuatan M=3.9 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS - 106.52 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman 1 kilometer.

Menurut BMKG, ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Citarik.

Sementara, gempa kedua terjadi pada pukul 11.24.05 WIB, di Kota Sukabumi. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=3.4 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.9 LS - 106.59 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 37 km barat laut Kota Sukabumi dengan kedalaman 5 Kilometer.

"Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Klaster Bogor," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, Rabu (21/8/2019).

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pamijahan, Kabupaten Bogor. dengan Skala Intensitas II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 11.52 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut. (Baca Juga: Sering Rasakan Guncangan Gempa, Sejumlah Warga Bogor Mengungsi(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2937 seconds (0.1#10.140)