Jaga Ketersediaan Pangan, Bulog Akan Bangun Rice Mill di Majalengka

Selasa, 24 Juli 2018 - 18:06 WIB
Jaga Ketersediaan Pangan, Bulog Akan Bangun Rice Mill di Majalengka
Gudang Komoditi Sistem Resi Gudang Kabupaten Majalengka bakal diubah menjadi rice mill. Foto/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Untuk menjaga ketersediaan pangan, Perum Bulog berencana membangun rice mill (penggilingan padi) di Kabupaten Majalengka. Selain Majalengka, Bulog juga akan membangunpenggilingan padi di Sukabumi dan Garut.

Kepala Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, Majalengka dipilih sebagai lokasi pembangunan rice mill karena kabupaten ini merupakan salah satu wilayah lumbung padi di Jabar. "Dari keterangan Pak Bupati (Bupati Majalengka Sutrisno) dan saya sudah lihat di lapangan, produksi beras di sini (Kabupaten Majalengka), sangat luar biasa. Oleh sebab itu, Bulog akan membangun rice mill," kata Budi Waseso saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka, Selasa (24/7/2018).

Kehadiran rice mill milik Bulog itu, ujar Budi, diharapkan semakin memacu produksi beras di Majalengka. "Nanti para petani bisa memanfaatkan sarana dan prasarana itu untuk meningkatkan produktivitas mereka. Ada sembilan wilayah, di antaranya Majalengka. Selanjutnya kami bangun di Sukabumi dan Garut. Tetapi prioritas pertama (membangun rice mill) di Majalengka," ujar dia.

Pria yang akrab disapa Buwas ini menuturkan, keberadaan rice mill milik Bulog tidak mematikan penggilingan-penghilangan padi yang sudah ada. Justru Bulog akan bersinergi dan menyempurnakan teknologi penggilan-penggilingan padi milik masyarakat.

Bupati Majalengka Sutrisno menyambut baik rencana Bulog membangun rice mill di Kabupaten Majalengka. Menurut dia, selama ini, para petani kerap dihadapkan kepada masalah setelah masa panen. "Petani itu sangat pandai dan berpengalaman dalam sektor produksi. Permasalahan mendasar adalah jaringan distribusi.
Untuk meningkatkan kualitas, tahap pertama (produksi padi) harus terpenuhi dan kedua industri pengolahan sektor pertanian. Konsep ini lah yang digagas Kementerian BUMN dengan koordinatornya Bulog dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dari sektor pengolahan," kata Sutrisno.

Rice mill milik Bulog itu, ujar Bupati, akan memanfaatkan bangunan yang sudah ada, yakni Gudang Komoditi Sistem Resi Gudang di Desa Ligung Lor, Kecamatan Ligung, Kabupaten Majalengka. Namun, untuk memaksimalkan fungsinya, nanti dilakukan perluasan bangunan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3361 seconds (0.1#10.140)