Pemerintah Daerah Diminta Dukung Peserta Seleknas Kompetisi Skill ASEAN

Selasa, 20 Agustus 2019 - 20:46 WIB
Pemerintah Daerah Diminta Dukung Peserta Seleknas Kompetisi Skill ASEAN
Sebanyak 300 peserta perwakilan dari berbagai daerah mengikuti seleksi nasional ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2019. Untuk itu, Kemenaker meminta pemerintah daerah memberikan dukungan terhadap peserta. Foto Ist
A A A
BEKASI - Sebanyak 300 peserta perwakilan dari berbagai daerah mengikuti seleksi nasional (seleknas) ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2019. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas meminta pemerintah daerah memberikan dukungan terhadap peserta.

Staf Ahli Menteri Bidang Kerja Sama International, Kementerian Ketenagakerjaan, Suhartono mengatakan, ke depan pemerintah daerah daerah diharapkan dapat meningkatkan perannya, dalam pendanaan maupun upaya pencarian calon kompetitor tingkat provinsi yang lebih berkualitas.

“Pemerintah daerah sangat diharapkan partisipasinya pada tahap seleksi di tingkat daerah. Industri, lembaga pelatihan dan pendidikan juga sangat diharapkan dukungannya pada tahap seleksi maupun pemusatan pelatihan,” kata Suhartono, dalam pembukaan Seleknas ASC XIII di BBPLK Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/8/2019).

Dia menerangkan, seleknas ini bertujuan memilih tiga calon kompetitor terbaik pada kejuruan individu dan dua tim terbaik pada kejuruan beregu. Selanjutnya, mereka akan diikutsertakan dalam pemusatan latihan (training centre/TC) di lembaga pendidikan dan pelatihan yang telah ditetapkan.

“Kami percaya ASC dapat menjadi motivasi bagi kaum muda Indonesia agar selalu berupaya mengembangkan kompetensinya hingga mencapai standar internasional. Dengan penguasaan kompetensi-kompetensi inilah kaum muda kita mampu bersaing dengan tenaga kerja dari negara-negara lain,” ujar Suhartono dalam pernyataan tertulis yang diterima SINDOnews, Selasa (20/8/2019).

Dia menerangkan, ASC adalah platform yang menginspirasi kaum muda Indonesia untuk meningkatkan wawasan (knowledge), keterampilan (skill), dan sikap kerja (attitude) yang diperlukan dalam dunia kerja. ASC juga merupakan platform yang baik dalam melatih kemampuan berinovasi dan bekerja dengan akurasi serta kecepatan tinggi.

Menurut Suhartono, ASC juga menjadi sarana dalam mempromosikan kualitas dan daya saing tenaga kerja muda Indonesia. Karena itu, keikutsertaan Indonesia pada ASC merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan maksimal.

Dalam seleknas ini, kejuruan yang dikompetisikan, antara lain mobile robotics, industrial automation, Internet of Things (IOT), automobile technology, dan CNC maintenance. Para peserta yang terpilih, akan mewakili Indonesia dalam ASC XIII 2019 di Singapura, pada 21-31 Juli 2020, bersaing dengan 10 negara ASEAN.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1121 seconds (0.1#10.140)