alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Soal Bekasi Gabung Jakarta, Anies Baswedan Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat

Komaruddin Bagja Arjawinangun
Soal Bekasi Gabung Jakarta, Anies Baswedan Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok SINDOnews

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal wacana bergabungnya Kota Bekasi menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Sejauh ini DKI masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terkait hal tersebut.

"Begini, kita adalah sebuah negara kesatuan, pembagian wilayah adalah wewenang pemerintah pusat. Jadi secara prinsip Pemprov DKI harus menaati keputusan pemerintah pusat. Aspirasi itu kita menghargai, kita menghormati, dan biar berproses di pemerintah pusat, karena prosesnya bukan antarwilayah," ujar Anies di DPRD DKI, Senin (19/8/2019).

Menurut Anies, selama itu sudah menjadi keputusuan pemerintah pusat, DKI pasti menerima Kota Bekasi bagian dari DKI. "Kalau itu keputusan pemerintah pusat ya kita jalankan. Kan keputusan lewat undang-undang, PP, kita berkewajiban melaksanakan. Jadi prosesnya bukan dengan DKI, tapi dengan pemerintah pusat," tuturnya.



Bicara secara ekonomi, lanjut Anies, Jakarta dan kawasan penyangga merupakan satu kawasan ekonomi terintegrasi. Hanya secara administrasi pemerintahan yang berbeda. "Tapi secara ekonomi, Jakarta dengan kabupaten dan kota yang bertetangga, seperti Bekasi, Tangsel, Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Depok, itu sebagai satu perekonomian relatif terintegrasi," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendapatkan tawaran untuk menjadi bagian dari Provinsi DKI Jakarta. Tawaran itu datang saat Kota Bekasi diminta tanggapannya terkait wacana pemekaran Pemprov Jawa Barat menjadi Pemprov Bogor Raya yang disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya dan Bupati Bogor Ade Yasin beberapa waktu lalu.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, tawaran itu sudah sejak lama diwacanakan DKI Jakarta agar Kota Bekasi bisa masuk menjadi bagian DKI Jakarta Tenggara. (Baca juga: Wacana Kota Bekasi Gabung DKI Jakarta, Ini Komentar Ridwan Kamil).



(zik)