Giliran Pangandaran Diguncang Gempa

Senin, 19 Agustus 2019 - 12:00 WIB
Giliran Pangandaran Diguncang Gempa
Sumber: BMKG
A A A
PANGANDARAN - Setelah Sukabumi, giliran Pangandaran diguncang gempa bumi 4,3 skala richter pada pukul 11.00 WIB, Senin (19/8/2019). Gempa tidak menyebabkan tsunami.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.3 dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 8.09 LS - 108.09 BT, tepatnya berada di Darat pada jarak 62 km Barat Daya Pangandaran, Jabar, dengan kedalaman 78 kilometer.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Selatan Pulau Jawa. Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat. Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas I-II MMI. "Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Hingga laporan ini dibuat pukul 11.17 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2717 seconds (0.1#10.140)