Kepulan Asap Tebal Kejutkan Pengelola Hotel Savoy Homann

Senin, 19 Agustus 2019 - 11:49 WIB
Kepulan Asap Tebal Kejutkan Pengelola Hotel Savoy Homann
Petugas damkar melakukan pendinginan di salah satu bagian Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Jabar. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Insiden kebakaran kecil yang diawali kepulan asap cukup tebal sempat mengejutkan pengelola Hotel Savoy Homann Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (19/8/2019) pukul 08.00 WIB.

Beruntung, kebakaran yang dipicu korsleting listrik pada air conditioner (AC) di salah satu ruangan tersebut tak membesar setelah berhasil diatasi menggunakan alat pemadam api ringan (apar) oleh petugas keamanan hotel.

Namun, untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, pengelola hotel melapor ke Dinas Kebakaran Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung. Petugas damkar menyisir sebagian ruangan di hotel bersejarah yang berdiri sejak masa kolonial Belanda itu.

"Dugaan (kepulan asap) akibat korsleting listrik akibat kabel AC terkelupas," kata Kabid Pemadam Kebakaran Diskar PB Kota Bandung Kurnia, Senin (19/8/2019).

Kurnia mengemukakan, kronologi kejadian berawal saat petugas keamanan hotel mencium bau plastik terbakar dan melihat ada kepulan asap di atap Gedung Back Office of the House (BOD) hotel yang pernah menjadi tempat menginap Presiden Pertama RI Soekarno dan delegasi negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) tersebut.

"Setelah ruangan BOD dibuka petugas keamanan hotel melihat salah satu AC di ruangan itu terbakar. Sempat dilakukan pemadaman menggunakan 15 unit APAR. Kejadian ini lalu dilaporkan ke Diskar PB Kota Bandung, guna dilakukan penanganan lebih lanjut," ujar Kurnia.

Petugas damkar yang datang ke lokasi kejadian langsung melakukan pendinginan untuk mematikan sumber api dan menyisir ruangan lain untuk mengantisipasi hal tak diinginkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6237 seconds (0.1#10.140)