Pecunan dan Tangkap Bebek Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Jatitujuh

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 17:49 WIB
Pecunan dan Tangkap Bebek Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Jatitujuh
Peserta pecunan mendayung perahu berlomba menyentuh garis finis. Insert: Peserta berhasil menangkap seekor bebek. Foto-foto/Istimewa
A A A
MAJALENGKA - Hari ulang tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi momen untuk menampilkan berbagai macam perlombaan unik. Panjat pinang dan balap karung adalah dua contoh perlombaan yang mudah dilihat di berbagai daerah.

Selain dua perlombaan itu, sejumlah permainan yang bertujuan untuk menghiburan masyarakat pun digelar oleh berbagai kalangan. Pemandangan itu seperti yang terlihat di Desa Jatitujuh, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka.

Dilintasi oleh aliran Sungai Cipelang dari Bendung Rentang, para pemdua desa setempat beserta Forum Komunitas Hilir Unik, memanfaatkannya untuk permainan berbasis air. Pecunan, demikian salah satu lomba yang digelar di sungai yang alirannya menuju Indramayu tersebut.

Pecunan yang dihelat dalam rangka HUT ke-74 RI itu memiliki nilai-nilai sejarah perjalanan Desa Jatitujuh. Sejarawan dari komunitas Konser Kampung, Jatitujuh, Wa Kijoen mengatakan, Pecunan merupakan cara orang-orang China saat menikmati liburan air, yang salah satunya diisi dengan bermain sampan.

Di Jatitujuh sendiri, Pecunan cukup populer di masa lalu. Meskipun sifatnya hiburan, tetapi tidak mengurangi semangat dari para peserta. Mereka tampak begitu semangat dalam mengayuh perahu yang ditumpanginya agar bisa sampai di garis finis sekaliggus menjadi juara.

Suasana pecunan semakin meriah lantaran para penonton yang berada di pinggir sungai tidak henti-hentinya bersorak membakar semangat peserta. Sorak-sorai akan terasa lebih meriah saat salah satau perahu peserta menyentuh garis finis, atau terguling.

"Jarak tempuh sekitar 100 meter dengan arah melawan arus. Untuk peserta, bebas. Tidak harus warga Jatitujuh," kata panitia Pecunan, Sarpoed.

Pecunan bukan satu-satunya permainan yang dihelat di air. Dalam perayaan HUT ke-74 RI itu juga digelar lomba menangkap bebek di sungai.

Pecunan dan Tangkap Bebek Meriahkan HUT Kemerdekaan RI di Jatitujuh
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8584 seconds (0.1#10.140)