Antar Bendera Pusaka, Dedi: Ki Jaga Raksa Kebanggaan Warga Jabar

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 17:33 WIB
Antar Bendera Pusaka, Dedi: Ki Jaga Raksa Kebanggaan Warga Jabar
Mantan Bupati Purwakarta dua periode yang juga perancang Kereta Kencana Ki Jaga Raksa berfoto di depan Kereta Kencana Ki Jaga Raksa, Sabtu (17/8/2019). Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Kereta Kencana Ki Jaga Raksa kembali digunakan sebagai kereta pengantar bendera pusaka Merah Putih dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Dalam empat tahun terakhir, kereta kencana milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta ini berturut-turut menjalankan tugas mulianya mengantarkan bendera pusaka untuk dikibarkan dalam Peringatan HUT RI.

Mantan Bupati Purwakarta dua periode Dedi Mulyadi sebagai perancang Kereta Kencana Ki Jaga Raksa dalam pernyataan tertulisnya mengatakan, dipinjamnya kembali Kereta Kencana Ki Jaga Raksa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Purwakarta, khususnya masyarakat Jabar.

"Kereta kencana ini ikon khusus pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan. Sudah empat tahun terakhir ini bendera pusaka dibawa oleh Ki Jaga Raksa. Tentu ini merupakan kebanggaan untuk seluruh masyarakat Purwakarta dan Jawa Barat," tutur Dedi yang juga turut hadir dalam Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Negara, Sabtu (17/8/2019).

Menurut Dedi, pihak Istana Negara sendiri sudah mengajukan peminjaman Kereta Kencana Ki Jaga Raksa sejak akhir 2018 lalu. Sehingga, Pemkab Purwakarta pun sudah menyiapkan segala sesuatunya sebelum kereta kencana itu menjalankan tugas mulianya.

"Sudah sejak lama dipersiapkan, permohonannya akhir Desember 2018. Bahkan, kereta kencana ini sebelumnya berada di Yogyakarta selama dia bulan untuk dicek dan mendapatkan service. Semuanya kita persiapkan untuk acara HUT Kemerdekaan RI," terang Dedi.

Dedi menambahkan, kebanggaannya semakin besar karena pada Peringatan HUT RI tahun ini, salah satu pelajar asal Purwakarta juga menjadi anggota Paskibraka nasional.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4095 seconds (0.1#10.140)