alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Jembatan Cisomang

Asep Supiandi
Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Jembatan Cisomang
Bendera merah putih berukuran raksasa terbentang di Jembatan Cisomang, Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Jembatan ini memiliki sejarah, saksi bisu perang kemerdekaan RI. Foto/Istimewa

PURWAKARTA - Sebuah bendera merah putih berukuran raksasa berkibar di atas Jembatan Kereta Api Cisomang, Desa Depok, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Sabtu (17/8/2019). Pengibaran tersebut dilakukan oleh Komunitas Pecinta Alam Cimahi sebagai bentuk peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan RI.

Tentu saja pengibaran itu dilakukan setelah menggelar upacara bendera yang berlangsung cukup sederhana. Mereka sengaja memilih lokasi pengibaran bendera di jembatan itu karena memang lalu lintas kereta api sudah nonaktif selain ada pertimbangan lain, seperti nilai sejarah.

Menurut Mang Capung, salah satu penggagas dari anggota komunitas itu, kegiatan pengibaran bendera raksasa di jembatan kereta api menjadi pengalaman pertama bagi komunitasnya. Karena sebelumnya pengibaran bendera banyak dilakukan di tebing atau pegunungan.



"Cukup menegangkan pada saat proses pengibaran bendera. Terutama pengaturan ketika bendera tersebut akan diturunkan. Apalagi ketinggiannya mencapai 100 meter di atas permukaan sungai. Namun semua kendala dapat di atasi berkat dukungan semua pihak,"ungkap Capung.

Dia mengaku, Jembatan Cisomang dipilih karena lokasi itu memiliki makna dan nilai sejarah. Terlebih jembatan itu yang membuatnya adalah warga pribumi, meskipun secara umum dibangun oleh kolonial Belanda.

Dia bersama pecinta alam lainnya kemudian berinisatif mengibarkan bendera sang saka merah putih berukuran 20 X 13 meter sebagai salah satu bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan kemerdekaan.



(awd)